7 Urutan hair care untuk rambut kering dan mengembang, beserta rekomendasi produk ini auto jadi lembut

5 Agustus 2024 21:25 WIB

Brilio.net - Rambut kering dan mengembang sering menjadi masalah yang sulit diatasi bagi banyak orang. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, penggunaan alat styling panas, dan perawatan rambut yang kurang tepat. Rambut kering tidak hanya tampak kusam dan tidak teratur, tetapi juga lebih rentan terhadap kerusakan dan patah. Mengatasi masalah ini, penting untuk memahami urutan hair care yang benar agar rambut tetap sehat, lembap, dan mudah diatur.

Seperti perawatan pada wajah, rambut membutuhkan berbagai perawatan yang harus dilakukan dengan tepat. Biasanya urutan hair care yang dilakukan banyak orang adalah menggunakan sampo dan kondisioner. Namun dibalik itu, ada berbagai produk hair care yang bisa kamu pakai, lho.

Agar tak bingung mengenai urutannya, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/8).

1. Pre-shampoo treatment.

Urutan hair care untuk rambut kering
freepik

Urutan hair care dimulai dengan pre-shampoo treatment. Langkah ini membantu melindungi rambut dari efek pengeringan saat keramas. Melansir dari Vogue, kamu bisa menggunakan hair oil atau mask sebelum keramas untuk rambut kering.

Nah, ada satu rekomendasi produk hair mask yang bisa kamu pakai yaitu Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Cream. Hair mask ini punya kandungan berupa aloe verae, vitamin B, dan omega-6 yang bisa memperkuat akar rambut dan menghaluskan. Hanya dengan harga Rp 35 ribu kamu sudah bisa mendapatkan Makarizo Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Cream.

2. Menggunakan sampo.

Kamu bisa menggunakan sampo dengan tekstur lembut dan bebas dari bahan kimia keras seperti sulfat. Sampo yang mengandung bahan alami dan pelembap membantu membersihkan rambut tanpa menghilangkan minyak alami dan menjaga kelembapan.

Sementara itu, rekomendasi sampo yang bisa kamu gunakan adalah Wardah Nutri Shampoo. Produk ini memiliki bahan aktif. Adanya kandungan argan oil bisa melembapkan dan menjaga rambut berkilau dan lembap. Hanya dengan harga Rp 26 ribu kamu sudah bisa mendapatkan Wardah Nutri Shampoo.

3. Kondisioner.

Pilih kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut kering dan mengandung bahan seperti keratin, minyak argan, atau shea butter untuk memberikan kelembapan ekstra dan menghaluskan kutikula rambut.

Sementara itu untuk rekomendasi kondisioner kamu bisa menggunakan Elseve Hyaluron Moisturizer Conditioner. Produk ini diperkaya dengan hyaluronic acid yang bisa melembapkan hingga 72 jam. Harga dari produk ini adalah Rp 96 ribuan.

4. Deep Conditioning Treatment.

Urutan hair care untuk rambut kering
freepik

Bagi kamu yang rambutnya sangat kering, masukkan deep conditioning treatment dalam urutan hair care mingguan. Mengutip dari Cleveland Clinic, Senin (5/8) Dr. Melissa Piliang, dermatologist dari Cleveland Clinic, merekomendasikan perawatan ini 1-2 kali seminggu.

Natasha Secret Hair Mask menjadi salah produk hair care yang bisa kamu gunakan. Pasalnya, produk ini diformulasikan dengan multivitamin dan kreatin yang bisa menutrisi rambut. Harga dari Natasha Secret Hair Mask adalah Rp 125 ribuan.

5. Leave-in Conditioner

Leave-in conditioner membantu menjaga kelembapan rambut sepanjang hari. Mengutip dari Byrdie kamu disarankan untuk menggunakan leave-in conditioner terutama untuk rambut kering dan keriting. Nah, kali ini kamu bisa memakai Makarizo Advisor Anti-Frizz & Detangling Care Spray. Produk ini bisa melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Harga dari produk ini adalah Rp 45 ribuan.

6. Hair Serum.

Urutan hair care untuk rambut kering
freepik

Serum rambut membantu mengendalikan rambut mengembang dan menambah kilau. Kamu bisa menggunakan serum rambut yang memiliki kandungan berbasis silikon untuk hasil yang lebih baik.

Nah, rekomendasi produk yang bisa kamu pakai adalah Salsa Growth Hair Serum with Panax Ginseng. Hair serum ini diklaim bisa memperkuat akar rambut dan rontok. Bahkan bisa melembapkan rambut kering. Nah, harga dari produk ini adalah Rp 19 ribuan.

7. Heat Protectant.

Jika kamu menggunakan alat styling panas, heat protectant adalah langkah penting dalam urutan hair care. Kamu bisa menggunakan produk heat protectant, seperti L'Oreal Paris Elseve Extraordinary Oil Gold. Produk ini bisa menghaluskan dan membuat rambut terhindar dari apek. Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 179 ribuan.

(brl/ola)