9 Cara mengatasi bau pada rambut dengan bahan dapur, bikin bersih dan segar

11 April 2023 18:10 WIB

Brilio.net - Sebagian orang mengalami rambut yang berbau padahal sudah rajin keramas. Kondisi rambut yang berbau tidak sedap ini tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri. Oleh sebab itu diperlukan perawatan pada rambut.

Ada berbagai macam penyebab rambut menjadi berbau. Seperti hiperhidrosis atau keringat berlebih. Keringat ini akan bercampur dengan bakteri di kulit kepala sehingga menimbulkan aroma tidak sedap. Rambut yang terpapar banyak polusi juga bisa memicu timbulnya aroma tidak sedap.

Untuk mengatasi masalah ini penggunaan sampo saja tidaklah cukup. Dibutuhkan perawatan rutin untuk menghilangkan bau pada rambut. Namun, kamu tidak harus selalu menggunakan produk perawatan rambut dengan harga yang mahal lho. Briliobeauty.net akan membahas 9 cara mengatasi bau pada rambut menggunakan bahan dapur yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (11/4).

1. Bawang merah.

foto: freepik.com

Bawang merah mengandung sulfur yang dapat membasmi bakteri penyebab rambut menjadi berbau. Bawang merah juga efektif untuk menghilangkan minyak pada kulit kepala. Untuk menggunakannya kamu bisa menghaluskan bawang merah dan ambil ekstrak sari bawang merah. Oleskan ekstrak sari bawang merah ke kulit kepala sambil dipijat perlahan. Lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu kamu dapat membilasnya menggunakan sampo.

2. Aloe vera gel.

foto: freepik.com

Aloe vera efektif untuk mengangkat minyak pada kulit kepala sekaligus menghilangkan aroma tidak sedap. Selain itu aloe ver juga dapat merangsang dan memperkuat pertumbuhan rambut.

Sebelum keramas kamu dapat mengoleskan aloe vera gel ke kulit kepala. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu kamu dapat membilasnya. Maka rambut akan menjadi lebih bersih, halus dan tidak berbau.

3. Bawang putih.

foto: freepik.com

Kandungan sulfur pada bawang putih terkenal sebagai antijamur alami. Bawang putih ampuh untuk menghilangkan aroma pada rambut. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu bisa memanaskan 4 siung bawang putih dengan setengah cangkir minyak kelapa. Setelah itu kamu dapat mengaplikasikanny ke kulit kepala, dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu kamu dapat membilasnya dnegan sampo.

4. Tea tree oil.

foto: freepik.com

Memiliki sifat antimikroba yang ampuh untuk mengatasi rambut berbau dan gatal. Selain itu penggunaan tea tree oil juga dapat menutrisi kulti kepala agar tetap bersih dan sehat. Kamu dapat mengoleskan tea tree oil ke kulit kepala sambil dipijat perlahan selama 10 menit. Setelah itu diamkan selama 30 menit agar nutrisi pada tea tree oil bisa terserap. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan air bersih.

5. Cuka apel.

foto: freepik.com

Cuka apel dapat mengangkat lapisan minyak pada kulit kepala yang menjadi penyebab utama rambut bau. Selain itu penggunaan cuka apel dapat menyeimbangkan ph kulit dan mengembalikan kilau alami rambut.

Campur setengah cup cuka apel dengan 3 tetes essential oil dan 2 cup air. Campur semua bahan dan masukan ke dalam botol spray. Setelah itu kamu dapat menyemprotkannya ke kulit kepala dan diamkan sela a 10 menit. Setelah menggunakan cuka apel rambut juga menjadi lebih halus dan lembut.

6. Air lemon.

foto: freepik.com

Penggunaan air lemon pada kulit kepala dapat membasmi ketombe dan membuat rambut menjadi tampak berkilau. Kandungan antibakteri dan astringen pada lemon sangat ampuh untuk mengatasi aroma tidak sedap pada rambut.

Kamu dapat menggunakan 2 sendok teh air lemon ditambah essential oil secukupnya. Aplikasikan dan pijat secara perlahan ke kulit kepala. Setelah itu kamu dapat langsung membilasnya.

7. Air tomat.

foto: freepik.com

Air tomat dapat menghilangkan aroma tak sedap ada rambut sekaligus menyeimbngkan ph kulit. Penggunaan tomat pada kulit kepala juga dapat menutrisi dan melembapkan rambut.

Kamu dapat menghancurkan satu buah tomat, lalu saring dan ambil sarinya. Aplikasikan sari tomat ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Lalu kamu dapat membilasnya dengan air biasa.

8. Baking soda.

foto: freepik.com

Baking soda merupakan bahan sederhana yang ada didapur. Tidak hanya untuk memasak, baking soda juga dapat mengangkat minyak pada kulti kepala. Sehingga kulti kepala menjadi lebih bersih dan tidak berbau.

Kamu dapat mencampurkan baking soda dan air dengan perbandingan 1:3. Oleskan pasta baking soda ke rambut dalam keadaan basah setelah keramas. Pijat dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kamu dapat melakukannya rutin seminggu sekali.

9. Kayu manis dan madu.

foto: freepik.com

Madu dan kayu manis memili sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membasmi aroma tidak sedap pada rambut. Penggunaan rambut juga dapat menutrisi dan membuat terkstur rambut menjadi lebih halus dan mudah diatur. Selain itu kayu manis juga dapat mencegah rambut rontok dan membasmi ketombe.

Cara penggunaannya cukup mudah. Rebus kayu manis dengan segelas air. Setelah itu pindahkan dalam wadah. Lalu tambahkan satu sendok teh madu. Oleskan campuran ini kekulit kepala dan diamkan selama minimal 1 jam.

mgg/azahra

(brl/far)