Bebas kering dan kusut, ini cara simpel atasi frizzy hair dengan 1 jenis buah dan ekstrak kacang

29 Juni 2023 22:00 WIB

Brilio.net - Sebagai aspek penting dalam penampilan banyak orang, rambut yang terawat dengan baik dapat memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan saat beraktivitas sehari-hari. Selain itu, memiliki rambut yang lembut dan mudah diatur juga mempermudah proses penataan rambut sehari-hari sehingga tidak menjadi sebuah proses yang melelahkan. Oleh karena itu, tidak lah mengherankan jika setiap orang ingin memilki rambut sehat yang lembut dan mudah diatur.

Sayangnya, mencapai kondisi rambut yang diharapkan seperti di atas tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan rambut bisa terkena sebuah kondisi yang dinamakan "frizzy hair", yaitu kondisi rambut yang mudah kusut akibat helai-helai rambut saling menggulung dan menyebabkan kerutan dan simpul yang sulit untuk diuraikan.

Secara umum, hal ini terjadi karena kekurangan kelembapan alami dalam rambut. Penyebabnya pun sangatlah beragam, mulai dari penggunaan alat styling yang berlebihan, paparan sinar matahari dan cuaca ekstrem, hingga penggunaan produk pewarna rambut. Faktor-faktor di atas dalam prosesnya dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula sebagai lapisan pelindung terluar rambut yang menyebabkan rambut kehilangan kelembutan alaminya dan menjadi lebih rentan terhadap kusut.

Namun begitu, kamu nggak perlu sibuk dan bingung sendiri mencari produk yang tepat untuk mengatasi masalah ini kok. Pasalnya, kamu bisa menggunakan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif yang pastinya lebih mudah dibuat lho.

Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh @madinashrienzada via Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Kamis (29/6). Dalam mengatasi masalah rambut di atas, wanita ini menyarankan penggunakan bahan alami berupa buah alpukat dan shea butter.

foto: freepik.com

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi penting bagi kesehatan rambut. Alpukat mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3 dan omega-9, yang membantu memberi hidrasi sehingga dapat menjaga kelembutan dan kekuatan rambut.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan yang menjaga kesehatan kulit kepala dan melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

foto: freepik.com

Selanjutnya, shea butter, yang berasal dari biji pohon shea yang tumbuh di Afrika, telah lama digunakan dalam perawatan rambut dan kulit. Shea butter mengandung banyak lemak alami yang memberikan kelembutan dan kelembaban pada rambut.

Kandungan vitamin A dan E dalam shea butter juga membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Shea butter memiliki kemampuan alami untuk melindungi rambut dari kerusakan lingkungan dan sinar UV, serta mengurangi kerusakan akibat paparan panas.

Berikut adalah cara membuat dan mengaplikasikan masker rambut alami menggunakan campuran alpukat, shea butter, dan minyak rambut:

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. 1 buah alpukat matang
2. 1-2 sendok makan shea butter
3. 1 sendok makan minyak rambut (hair oil)
4. 1 wadah berupa mangkuk kecil

Cara membuat:

foto: Instagram/@madinashrienzada

1. Ambil 1 buah alpukat matang dan pisahkan dagingnya ke dalam mangkuk kecil.
2. Campurkan 1-2 sendok makan shea butter ke dalam mangkuk berisi alpukat tersebut.
3. Tambahkan minyak rambut yang kamu miliki ke dalam wadah tadi. Kemudian, aduklah hingga semua bahan tercampur merata.

foto: Instagram/@madinashrienzada

4. Aplikasikan masker ini secara merata pada rambut yang lembap dengan cara memisahkan rambut menjadi beberapa bagian saat dipakai.
5. Diamkan masker selama mminimal 30 menit.
6. Setelah waktu yang ditentukan, bilas rambut hingga bersih dari sisa residu masker.
7. Untuk hasil maksimal, gunakan racikan ini secara teratur minimal sekali seminggu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MADINA MINNA SHRIENZADA (@madinashrienzada)

(brl/lea)