Bukan dengan minyak zaitun, ini trik menutrisi rambut agar bebas kering dan kusam pakai 1 jenis buah

4 Agustus 2023 12:10 WIB

Brilio.net - Rambut yang kering dan kusam ditandai dengan hilangnya kelembapan alami pada batang rambut yang dinutrisi oleh kulit kepala. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari paparan sinar UV, polusi, dan penggunaan alat penata rambut secara berlebihan. Hal-hal tersebut menyebabkan kemampuan kelenjar sebum di kulit kepala untuk memproduksi minyak alami yang menjaga kelembapan rambut jadi berkurang. Akibatnya, rambut yang kering dan kusam ini pun terkesan kasar ketika dipegang.

Kondisi di atas dapat memicu banyak gangguan rambut lain seperti ketombe dan kulit kepala gatal. Selain itu, rambut yang kering juga rentan patah atau ujung rambut bercabang. Hal ini jelas akan menghambat pertumbuhan rambut yang sehat serta membuat rambut menjadi lebih sulit untuk ditata.

Apabila kamu dihadapkan pada masalah ini, nggak usah bingung kok. Selain kamu harus mulai memperbanyak konsumsi air untuk menambah hidrasi tubuh, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat efektif dalam mengatasi masalah di atas. Salah satunya dengan menggunakan buah naga dicampur saus mayones, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (4/8) dari akun Instagram @madinashrienzada.

foto: freepik.com

Buah naga merupakan salah satu "superfood" yang kaya nutrisi dan memiliki manfaat besar bagi kesehatan rambut. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, B, serat, serta senyawa antioksidan yang membantu menjaga kelembapan rambut dan mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C dalam buah naga juga efektif dalam meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat memperkuat akar rambut dan menjaga elastisitasnya.

foto: freepik.com

Saus mayones, selain menjadi saus yang lezat untuk makanan, juga dapat sumber nutrisi yang baik bagi rambut. Mayones mengandung lemak sehat dan asam lemak omega-3 yang dapat memberikan hidrasi pada rambut yang kering dan kusam. Plus, kandungan protein dalam mayones juga membantu memperbaiki kerusakan rambut dan mengurangi kemungkinan ujung rambut menjadi kusut dan bercabang.

Nah, kedua bahan alami di atas ini bisa kamu gunakan dengan beberapa langkah simpel seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 buah naga
2. saus mayones secukupnya
3. Wadah kecil

foto: Instagram/@madinashrienzada

Langkah pengerjaan:

1. Kupaslah 1 buah naga dan pisahkan daging buahnya.
2. Blenderlah buah naga tersebut, lalu saring ke dalam sebuah wadah kecil.
3. Tambahkan sejumlah saus mayones ke dalam wadah tersebut.
4. Aduk seluruh bahan tadi hingga tercampur rata.
5. Aplikasikan ke seluruh bagian rambut (dari akar hingga ke ujungnya) secara menyeluruh.
6. Lakukan hal di atas sembari memijat-mijat kulit kepala.
7. Diamkan selama 10 menit.
8. Bila dirasa cukup, bilas dengan air bersih dan lanjutkan dengan memakai sampo seperti biasa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MADINA MINNA SHRIENZADA (@madinashrienzada)

(brl/wen)