Bukan pakai alpukat, ini cara atasi kusam dan kering pada rambut panjang pakai 1 jenis olahan susu

3 Agustus 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Rambut panjang yang lembut, sehat, dan tampak berkilau memang sebuah dambaan. Namun sayangnya, untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah. Selain harus memahami langkah perawatan yang tepat, kamu juga perlu mengetahui cara mengatasi berbagai masalah pada rambut panjang, misalnya rambut bercabang, rambut rontok, kusam, atau mudah kusut.

Hal ini bukan tanpa alasan, rambut panjang memang harus membutuhkan perawatan yang ekstra. Karena rambut panjang akan rentan mengalami kering. Masalah rambut kering ini lah yang memicu permasalahan rambut lainnya. Rambut kering terjadi karena rambut tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Ketika hal itu terjadi, orang langsung mengambil langkah dengan mengoleskan pelembap rambut atau bahkan keramas.

Padahal rambut kering bisa saja beragam penyebabnya. Melansir Healthline, penyebab umum rambut kering termasuk kondisi lingkungan, kesalahan perawatan rambut, dan kekurangan nutrisi. Lantas kenapa rambut kering dan jadi terlihat kusam? Kekeringan rambut disebabkan oleh minyak alami yang terdapat pada kulit kepala tidak dapat memberikan nutrisi pada helaian rambut dan menjadi ciri-ciri utama rambut kering sehingga berdampak pada kusamnya rambut.


Jika dibiarkan terus-menerus, rambut yang kering dan kusam akan berakibat pada kerontokan. Pasalnya rambut jadi mudah kusut dan bercabang. Agar hal itu tak terjadi, sebaiknya segera lakukan perawatan untuk membuat rambut jadi kembali sehat dan berkilau alami. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang bersifat melembapkan rambut untuk dijadikan hair mask atau masker rambut.

Bukan hanya pakai alpukat, karena masih ada bahan-bahan alami lain yang tak kalah efektif dari alpukat untuk mengatasi rambut kusam dan kering. Salah satunya seperti video unggahan yang dibagikan akun TikTok @glamtayus pada 20 Juni 2023.

Video tersebut berisi tentang cara atasi kusam dan kering pada rambut panjang pakai 1 jenis olahan susu. Olahan susu yang dimaksud adalah yoghurt. Selain yoghurt ia juga menambahkan bahan lainnya yaitu aloe vera gel dan minyak kelapa.

"Get Glass Shine Straight Smooth Korean Hair (Dapatkan rambut lurus yang berkilau dan lembut ala Korea)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @glamtayus, Kamis (3/8).

foto: freepik.com

Yoghurt adalah produk susu fermentasi, yang dibuat dengan menambahkan bakteri hidup ke dalamnya. Tak heran memang, kandungan probiotiknya yang tinggi dapat membantu sistem pencernaan. Namun, faktanya, manfaat yoghurt untuk rambut dan kulit kepala juga tak kalah baik. Salah satunya saat diaplikasikan sebagai masker.

Yoghurt dipercaya mampu memberikan kelembapan, tak terkecuali untuk rambut. Hal ini karena yoghurt mengandung asam laktat yang bermanfaat untuk mengunci kelembapan rambut dan menguatkan akar rambut. Yoghurt juga mengandung banyak nutrisi, seperti kalium, kalsium, protein, dan vitamin D.

Berbagai mineral bergizi itulah yang membantu rambut memiliki akar lebih kuat, sehingga tidak mudah rontok. Selain menguatkan akar rambut, yogurt juga merangsang pertumbuhan rambut lebih sehat dan berkilau.

Sementara aloe vera gel, adalah salah satu bahan alami yang memiliki beragam manfaat untuk kecantikan, tak terkecuali rambut. Khasiat ini muncul berkat aloe vera yang mengandung banyak vitamin (termasuk, vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki rambut rusak dan membuatnya terasa lembap serta berkilau alami.

Begitupun dengan minyak kelapa yang berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang terbukti lebih ampuh dalam mencegah rambut kehilangan protein.

Asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi. Terlebih lagi, lemak tersebut juga berpotensi menjaga kelembapan rambut agar tidak terlihat kering dan kusam.

foto: TikTok/@glamtayus

Nah, cukup dengan ketiga bahan tersebut kamu bisa membuat masker rambut. Masker rambut ini dapat membantu mengatasi kusam dan kering pada rambut panjangmu. Apabila digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang lembut, sehat, dan berkilau alami. Berikut cara membuat maskernya.

Bahan:

1. 2 Sendok makan aloe vera gel
2. 2 Sendok makan yoghurt
3. 2 Sendok teh minyak kelapa

foto: TikTok/@glamtayus

Cara membuat:

1. Tuangkan aloe vera gel dan yoghurt pada sebuah wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur lalu tambahkan minyak kelapa
3. Aduk kembali ketiga bahan tersebut sampai merata
4. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh mulai dari akar hingga batang rambut
5. Pijat-pijat area kulit kepala selama 3-4 menit agar masker lebih meresap
6. Gulung rambut lalu diamkan selama 20 menit
7. Bilas rambut menggunakan sampo serta kondisioner
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

(brl/far)