Bukan pakai hair tonic, begini cara lebatkan rambut tipis dan hitamkan uban pakai 1 jenis daun

30 Juni 2023 19:01 WIB

Brilio.net - Salah satu masalah rambut yang paling umum dialami kebanyakan orang adalah rontok dan mulai menipis. Rambut yang menipis tentu sangat menjengkelkan, bahkan mengkhawatirkan. Jarak antar helai pada rambut tipis tampak renggang sehingga kulit kepala lebih terlihat jelas.

Rambut tipis juga bisa terjadi karena banyak faktor, baik itu genetik, stres, kurang zat gizi, maupun mengidap suatu penyakit. Rambut juga bisa menipis karena bahan kimia keras pada produk hair styling, ikatan rambut terlalu kencang, atau konsumsi obat-obatan. Bila terus dibiarkan, rambut yang semakin tipis dapat berkembang menjadi kebotakan.

Rambut yang tipis apalagi sampai botak tentu bisa menurunkan kepercayaan diri. Pun dengan rambut beruban. Sama seperti warna kulit, warna rambut bisa berbeda karena dipengaruhi jumlah melanin alias pigmen pewarna dalam rambut. Hal ini jugalah yang memengaruhi pertumbuhan uban.

Jadi, penyebab uban bukan karena proses penuaan saja, faktor seperti genetik, hingga pola hidup bisa menyebabkan uban muncul meski belum memasuki usia senja. Kebanyakan orang akan mulai beruban pada usia sekitar 30 tahun dan mungkin pada akhirnya akan benar-benar memutih total begitu menginjak usia 50 tahun.

Kebotakan dan uban yang muncul karena faktor genetik atau proses alami penuaan tidak bisa dicegah atau diobati. Namun, bagi yang masih berusia muda hal ini bisa diminimalisir dengan cara alami. Kamu bisa melakukan perawatan untuk menebalkan rambut tipis dan menghitamkan uban meniru video unggahan yang dibagikan akun TikTok @assyfatulaqila pada (8/5) lalu.

Dalam video tersebut, pemilik akun menggunakan bahan alami yaitu daun seledri untuk membantu menebalkan rambut tipis sekaligus menghitamkan rambut beruban. Tak hanya itu saja, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun atau minyak kelapa.

"Bikin suami terpesona rambut beruban tipis kembali hitam dan subur," tulisnya dalam video yang diunggah, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @assyfatulaqila, Jumat (30/6).

foto: freepik.com

Daun seledri kaya akan mineral dan vitamin penting seperti folat, kalium, vitamin B6, vitamin K dan vitamin C. Daun seledri merupakan salah satu sayuran yang punya banyak manfaat untuk kecantikan, termasuk kesehatan rambut. Pasalnya, sayuran ini dapat membantu pertumbuhan rambut, serta menutrisi akar dan helai rambut.

Berkat kandungannya tersebut, daun seledri juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi uban dengan cara menghitamkannya dan mencegah uban muncul kembali. Selain itu, daun seledri juga mempunyai khasiat dalam melebatkan rambut yang tipis. Sementara minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk melebatkan rambut tipis dan menghitamkan uban.

Kandungan pada minyak zaitun juga dapat mengurangi kerontokan rambut. Tidak hanya itu, minyak ini juga mengandung vitamin E yang terbukti bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut. Pemakaian minyak zaitun secara rutin dapat memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan sehingga rambut menjadi kuat dan sehat.

Manfaat minyak zaitun lainnya yang cukup populer adalah mengembalikan atau mempertahankan keaslian warna rambut alami. Khasiat minyak ini dipercaya dapat menutrisi rambut yang sudah kusam agar lebih sehat, sehingga warna rambut kembali berkilau. Hal ini juga berlaku untuk rambut yang beruban. Sedangkan minyak kelapa, kaya akan kandungan vitamin, asam lemak, asam laurat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut.

Minyak kelapa memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sebab, di dalam minyak kelapa mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala, serta membantu merangsang pertumbuhannya. Asam lemak ini memiliki peran dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

Minyak kelapa juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan uban. Pasalnya, minyak kelapa mengandung antioksidan yang bisa mencegah uban muncul kembali. Asam lemak, vitamin, dan antioksidan di dalamnya bisa membantu mempertahankan kadar protein dan memberi asupan nutrisi untuk mencegah ‘lunturnya’ melanin atau zat warna rambut.

Nah, dari bahan-bahan yang sudah disebutkan masing-masing manfaatnya tersebut, kamu bisa mengolahnya menjadi masker rambut. Masker rambut ini jika digunakan secara rutin akan membuat rambutmu tumbuh lebih lebat, beban uban, dan berkilau alami. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

foto: TikTok/@assyfatulaqila

1. Seikat daun seledri
2. Minyak zaitun atau minyak kelapa secukupnya
3. Sedikit air

Cara membuat:

foto: TikTok/@assyfatulaqila

1. Cuci daun seledri sampai benar-benar bersih
2. Potong seledri kecil-kecil dan pisahkan dari batangnya
3. Tumbuk atau blender daun seledri hingga halus dan tambahkan sedikit air
4. Saring daun seledri dan ambil airnya
5. Pindahkan air perasan daun seledri pada wadah, tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa
6. Aduk hingga tercampur merata
7. Aplikasikan pada bagian akar rambut yang tipis dan beruban sembari dipijat perlahan
8. Diamkan selama 30-60 menit lalu bilas menggunakan sampo serta kondisioner
9. Gunakan masker rambut ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

(brl/mal)