Bukan pakai jintan dan kopi, ini trik cegah uban tumbuh kembali pakai masker dari 1 jenis umbi-umbian

31 Juli 2023 22:22 WIB

Brilio.net - Tak sedikit orang beranggapan bahwa rambut beruban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu atau putih. Padahal, uban merupakan rambut baru yang tumbuh dengan warna abu-abu atau putih karena berkurangnya kandungan melanin (zat warna rambut).

Harvard Health Publishing menjelaskan, kadar melanin rambut akan semakin menurun seiring pertambahan usia. Semakin sedikit sel-sel melanin dalam folikel, maka rambut baru yang selanjutnya tumbuh akan jadi berwarna keabu-abuan atau perak. Pada akhirnya, rambut akan menjadi putih seluruhnya.

Kebanyakan orang akan mulai beruban pada usia sekitar 30 tahun dan mungkin pada akhirnya akan benar-benar memutih total begitu menginjak usia 50 tahun. Meski begitu, uban dapat muncul pada usia berapa pun. Pada kondisi tertentu, orang-orang berusia muda juga bisa memiliki uban di rambutnya.

Jika pada usia muda uban muncul hanya sehelai atau dua helai, hal ini tak perlu menjadi suatu kekhawatiran. Tetapi jika uban muncul dalam jumlah yang banyak, maka perlu diperhatikan dengan saksama. Hal ini biasanya terjadi karena faktor genetik atau keturunan.

Nah untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini nantinya juga akan membantu agar uban tidak tumbuh lagi. Bukan pakai jintan dan kopi, karena masih ada lho bahan lain yang bisa kamu gunakan. Seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @user3778231874292 pada 16 Mei 2022.

Dalam unggahannya, pemilik akun memberikan trik mencegah uban tumbuh kembali pakai masker dari 1 jenis umbi-umbian. Umbi-umbian yang dimaksud adalah kentang. Selain kentang, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu tepung jagung dan minyak kelapa.

"potato keratin hair mask for rough and frizzy hair 100%natural (masker rambut keratin kentang untuk rambut kasar dan keriting 100% alami)," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @user3778231874292, Senin (31/7).

foto: freepik.com

Kentang tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memberikan nutrisi untuk tubuh. Namun ternyata kentang juga bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut lho. Hal ini berkat kandungan vitamin C, antioksidan, dan pati yang tinggi di dalamnya. Kentang sangat bermanfaat untuk memulihkan kolagen yang penting untuk pertumbuhan helai rambut yang sehat.

Kolagen adalah bahan penyusun rambut, dan protein ini sangat penting untuk memastikan rambut tumbuh dengan cepat. Kentang juga dapat meningkatkan pertumbuhan folikel rambut, mencegah penipisan rambut, mengatasi uban, dan memberi nutrisi pada folikel.

Sedangkan tepung jagung atau tepung maizena memiliki berbagai kandungan bermanfaat, termasuk vitamin A, B, C, dan E serta berbagai mineral seperti seng, magnesium, kalium, zat besi, kalsium, dan fosfor. Vitamin dan mineral ini dibutuhkan rambut agar tetap sehat untuk jangka waktu yang panjang.

Manfaat tepung maizena bagi rambut lainnya adalah membantu mengatur kadar pH rambut, yang dapat menjaga kulit kepala tetap sehat. Tepung maizena juga dapat membantu mencegah bau tak sedap pada kulit kepala dengan cara menyerap keringat dan minyak. Bahkan jika diaplikasikan secara rutin pada rambut, kamu bisa mengatasi uban yang membandel agar tak tumbuh kembali.

Begitupun dengan minyak kelapa yang sudah secara umum dikenal memiliki beragam manfaat untuk rambut. Bukan tanpa alasan, hal ini karena minyak kelapa mengandung antioksidan yang bisa mencegah uban muncul kembali. Asam lemak, vitamin, dan antioksidan di dalamnya bisa membantu mempertahankan kadar protein dan memberi asupan nutrisi untuk mencegah "lunturnya" melanin atau zat warna rambut.

foto: TikTok/@user3778231874292

Dengan ketiga bahan tersebut, kamu bisa membuat masker yang bermanfaat untuk menutrisi rambut sekaligus mencegah uban tumbuh kembali. Bahkan masker ini juga mampu membuat rambut jadi lebih lembut dan mudah diatur. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

1. 1 butir kentang
2. 1 cup air
3. 1 sendok makan tepung jagung
4. 1-2 sendok makan minyak kelapa

foto: TikTok/@user3778231874292

Cara membuat:

1. Kupas kentang dari kulitnya lalu cuci sampai bersih.
2. Parut kentang hingga agak halus.
3. Masukkan kentang dalam panci dan tambahkan air.
4. Masak menggunakan api kecil sembari terus diaduk sampai mendidih.
5. Matikan kompor kemudian tunggu sampai agak dingin.
6. Pindahkan pada blender lalu haluskan hingga seperti pasta.
7. Gunakan kain untuk menyaring kentang dari airnya.
8. Pindahkan air kentang pada wadah lalu tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan.
9. Aduk merata kemudian masak kembali sampai bertekstur creamy.
10. Setelah 10 menit, matikan kompor lalu tunggu sampai dingin.
11. Tuangkan pada wadah lalu tambahkan minyak kelapa dan aduk sampai tercampur merata.
12. Aplikasikan pada rambut yang sudah bersih secara menyeluruh.
13. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan sampo dan kondisioner.
14. Gunakan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

(brl/jad)