Bukan pakai madu dan telur, ini trik atasi rambut kering & patah hanya pakai masker dari 2 jenis daun

1 Agustus 2023 13:10 WIB

Brilio.net - Kondisi rambut kering dan mudah patah merupakan permasalahan kulit kepala yang sering dialami banyak orang. Kondisi tersebut disebabkan karena kurangnya kelembapan pada kulit kepala. Selain penyebab utama tersebut, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut. Pertama yaitu kurangnya perlindungan ketika menggunakan alat penata rambut.

Setiap helai rambut yang sehat mempunyai lapisan perlindungan berupa kutikula yang bisa melindungi dari paparan dan kerusakan sinar matahari. Namun penggunaan alat penata rambut yang terlalu sering dapat membuat kutikula yang sehat ini rusak dan terkelupas. Dampak dari kondisi tersebut adalah rambut yang mudah patah dan kering.

Selain itu, adanya penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok juga menjadi pengaruh utama. Pasalnya, bahan kandungan yang tidak diformulasikan sesuai dengan kebutuhan bisa menyebabkan kering. Lalu, adanya kandungan yang mengandung alkohol dapat menghilangkan minyak alami dan kelembapan kulit kepala.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mulai merawat rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami. Pada umumnya, banyak orang yang mengenakan madu dan telur. Bukan tanpa sebab, madu merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat mengatasi rambut kering dan patah. Lalu, telur menjadi sumber protein, lemak, dan vitamin yang bisa meremajakan helai rambut dan melembapkan.

Namun selain menggunakan kedua bahan tersebut, terdapat bahan alami lain yang bisa kamu gunakan, yaitu hibiscus dan henna. Bunga hibiscus atau bunga sepatu mengandung vitamin C, asam amino, dan antioksidan yang bisa mengurangi kerontokan, menghaluskan, dan melembutkan rambut. Sementara itu, daun henna mengandung tanin yang dapat mengurangi kerapuhan dan mencegah patah.

Tak hanya itu, daun henna juga dapat melindungi kulit kepala dari alat pemanas dan radikal bebas. Lantas bagaimana cara menggunakan kedua jenis daun tersebut untuk perawatan rambut harian kamu? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net lansir dari channel YouTube secret of natural beauty, Selasa (1/8).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/secret of natural beauty 1

1. Daun henna
2. Bunga hibiscus (bunga sepatu)
3. 2 buah bawang merah
4. 1 buah lidah buaya

Cara membuat:

foto: YouTube/secret of natural beauty 1

1. Masukkan empat hingga lima lembar daun henna
2. Tambahkan empat hingga lima buah daun hibiscus
3. Iris bawang merah dan masukkan ke dalam gelas blender
4. Masukkan irisan lidah buaya
5. Haluskan semua bahan hingga memiliki tekstur lembut seperti pasta.

Cara menggunakannya:

foto: YouTube/secret of natural beauty 1

1. Sisir terlebih dahulu rambut kamu
2. Oleskan ramuan tersebut ke seluruh permukaan kulit kepala
3. Pijat-pijat kulit kepala beberapa menit
4. Biarkan kurang lebih 15 menit
5. Bilas dengan menggunakan sampo dan air biasa
6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan ramuan ini secara rutin dua kali dalam seminggu.

(brl/mal)