Campuran minyak kelapa dan 1 jenis buah bisa atasi ketombe dalam sekali pakai, begini cara pakainya

9 Agustus 2024 23:25 WIB

Brilio.net - Ketombe, atau dalam istilah medis disebut sebagai dermatitis seboroik, merupakan kondisi kulit kepala yang ditandai dengan adanya serpihan-serpihan kulit mati yang terkelupas dan seringkali disertai rasa gatal.

Meskipun ketombe dapat dialami oleh siapa saja, kondisi ini lebih umum terjadi pada pria dan biasanya muncul pada usia remaja hingga paruh baya. Faktor-faktor seperti stres, perubahan hormonal, dan infeksi jamur Malassezia di kulit kepala berperan besar pada munculnya ketombe.

Penyebab utama ketombe adalah kelebihan produksi minyak di kulit kepala yang dapat memicu pertumbuhan jamur Malassezia yang berlebihan. Jamur ini memecah sebum (minyak alami kulit) menjadi asam lemak yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala, yang akhirnya menyebabkan pengelupasan kulit.

Selain itu, ketombe juga dapat disebabkan oleh kulit kepala kering, sensitivitas terhadap produk perawatan rambut, atau bahkan diet yang tidak seimbang. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sampo anti ketombe, menggunakan hair care khusus, atau memanfaatkan bahan-bahan alami.

foto: TikTok/@glamtayus

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @glamtayus, yang memakai campuran minyak kelapa dan 1 jenis buah untuk mengatasi ketombe dalam sekali pakai. Buah yang dimaksud adalah lemon. Begini cara membuat dan memakainya, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @glamtayus, Jumat (9/8).

Bahan:

- 2 sendok makan minyak kelapa murni
- 1 buah lemon (peras dan ambil airnya saja)

foto: TikTok/@glamtayus

Cara membuat dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada akar rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
4. Pijat-pijat dengan lembut selama 10 menit
5. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan sampo yang gentle
7. Lakukan metode ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang bebas ketombe.

foto: TikTok/@glamtayus

Kandungan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe.

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang efektif, berkat kandungan asam laurat dan asam kapratnya. Sifat antimikroba ini efektif membunuh jamur Malassezia, penyebab utama ketombe, yang dapat tumbuh berlebihan pada kulit kepala dan menyebabkan iritasi serta pengelupasan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal yang sering menyertai ketombe.

Manfaat lemon untuk mengurangi ketombe di kepala.

Lemon sering digunakan sebagai solusi alami untuk mengatasi ketombe karena sejumlah sifat alaminya yang bermanfaat untuk kulit kepala. Salah satu alasan utama adalah kandungan asam sitrat dalam lemon, yang memiliki sifat eksfoliatif. Asam sitrat dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala, sehingga dapat mengurangi penumpukan yang dapat menyebabkan ketombe.

Selain itu, sifat asam lemon membantu mengatur pH kulit kepala, yang penting untuk menyeimbangkan produksi minyak dan mengurangi lingkungan yang mendukung pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

(brl/wen)