Cegah frizzy hair, ini 9 kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut

11 April 2023 22:10 WIB

Brilio.net - Rambut sehat adalah rambut yang bebas dari segala permasalahan, seperti ketombe, rambut rontok, rambut bercabang dan sebagainya. Untuk mendapatkan rambut sehat, tentu kita harus melakukan perawatan rambut.

Kebanyakan orang kini mengandalkan salon dengan produk tertentu untuk merawat rambut. Seperti yang diketahui, produk-produk itu tentunya mengandung bahan kimia. Tidak semua orang cocok dengan produk kandungan bahan kimia. Biasanya ada yang alergi dengan suatu produk yang memiliki formula senyawa kimia.

Sebenarnya, perawatan rambut bisa dilakukan tanpa harus menyentuh produk-produk yang berbahan kimia. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami, seperti habbatussauda atau yang dikenal dengan nigella sativa.

Habbatussauda merupakan tanaman yang tumbuh di beberapa tempat, seperti Eropa Timur, Timur Tengah, dan Asia Tenggara. Tanaman berwarna hitam ini kerap disebut dengan "the seeds of blessing" karena tanaman ini kaya akan berbagai manfaat.

Memiliki bentuk biji yang hitam, habbatussauda terkenal dengan bermacam-macam nama, mulai dari black seed, natura seed, kaluduru hingga jintan hitam. Nama latinnya sendiri adalah Nigella sativa.

Habbatussauda memiliki beberapa kandungan seperti thymoquine, protein, saponin, alkaloid, zinc dan lain sebagainya yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Tak hanya itu, antioksidan dalam habbatussauda juga dapat menjaga rambut dari radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan rambut.

Selain menyehatkan, habbatussauda dipercaya juga mampu membuat rambut menjadi lebih kuat, bersinar, dan lebat, karena habbatussauda memiliki formula antibakteri dan anti jamur yang dapat membasmi berbagai permasalahan pada rambut.

Masih banyak kelebihan yang didapatkan dari habbatussauda untuk rambut, berikut beberapa manfaat habbatussauda untuk rambut, sebagaimana telah briliobeauty.net himpu dari beberapa sumber, Selasa (11/4).

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Ketombe dihasilkan dari iritasi kulit kepala terhadap kotoran jamur. Jamur yang menyebabkan munculnya ketombe adalah jamur malassezia. Jamur ini akan berkembangbiak jika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebihan.

Habbatussauda atau nigella sativa memiliki kandungan anti-fungal yang mampu menghambat munculnya ketombe dengan cara membasmi jamur yang ada di kulit kepala. Tak hanya itu, habbatussauda juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang juga dapat meredakan iritasi atau peradangan pada kulit kepala.

2. Mengatasi kulit kepala kering

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Kulit kepala kering dan ketombe merupakan dua hal berbeda. Ketombe biasanya disebabkan infeksi jamur, sedangkan kondisi kulit kepala kering disebabkan dehidrasi. Kulit kepala yang kering bisa diatasi dengan minyak habbatussauda, karena minyak habbatussauda memiliki kandungan nutrisi yang dapat menghidrasi kulit kepala, sehingga kulit kepala akan terjaga kelembapannya.

3. Mengatasi rambut rontok

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Sudah menjadi rahasia umum jika habbatussauda bisa mengatasi rambut rontok. Pemakaian minyak habbatussauda pada kulit kepala selain menjaga kelembapan pada kulit kepala juga dapat mengurangi kerontokan hingga 76 persen.

Caranya adalah dengan mencampurkan habbatussauda oil dengan minyak kelapa, lalu aplikasikan secara merata pada kulit kepala dan rambut. Hal ini akan dapat mengurangi kerontokan rambut jika diaplikasikan secara rutin.

4. Rambut jadi lebih lebat

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Rambut tipis menjadi salah satu hal yang dapat menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Pasalnya, rambut tipis akan memberikan kesan rambut lepek, tentunya hal itu akan sangat mengganggu penampilan.

Untuk mendapatkan rambut yang lebat, habbatussauda menjadi salah satu solusinya. Habbatussauda memiliki kandungan thymoquinone yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Tak hanya, rambut yang dihasilkan saat memakai minyak habbatussauda juga akan tumbuh menjadi lebih kuat dan sehat.

5. Mengatasi permasalahan rambut patah

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Rambut patah biasanya terjadi karena batang rambut yang kekurangan nutrisi atau mengalami kekeringan. Memberikan nutrisi pada batang rambut dari akar hingga ujung sangat penting untuk mencegah permasalahan rambut patah.

Salah satu cara untuk tetap memberikan nutrisi pada batang rambut adalah dengan menggunakan minyak habbatussauda. Minyak ini memiliki kandungan lebih dari 100 jenis senyawa yang dapat menutrisi rambut, sehingga rambut tidak akan mudah patah dan tumbuh menjadi lebih sehat.

6. Mencegah kerusakan rambut

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Kerusakan pada rambut menjadi salah satu permasalahan yang cukup sulit dihindari. Apalagi jika sering menggunakan alat styling, seperti hairdryer dan catokan, hal tersebut akan dapat semakin memperparah kondisi rambut yang rusak, karena alat styling memiliki suhu panas yang bisa menyerap kelembapan alami pada rambut.

Menggunakan minyak habbatussauda dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala. Menggunakan minyak habbatussauda secara rutin akan meminimalisir potensi rambut menjadi rusak karena alat styling. Sebaiknya aplikasikan minyak habbatussauda sebelum styling rambut, agar rambut terlindungi dari suhu panas alat styling.

7. Mencegah radikal bebas

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Sering beraktivitas diluar ruangan akan memicu datangnya radikal bebas dari luar yang menjadi penyebab kerusakan rambut. Radikal bebas seperti, polusi, kotoran, debu dan lain sebagainya merupakan hal yang tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk kita melindungi rambut dari radikal bebas adalah dengan memberikan perlindungan ekstra pada rambut. Menggunakan minyak habbatussauda bisa melindungi rambut dari paparan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai kerusakan rambut. Minyak habbatussauda mengandung anti-fungal dan anti-oksidan yang dapat menetralisir efek radikal bebas pada rambut.

8. Membuat rambut berkilau

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Rambut kusam tentunya menjadi permasalahan yang kerap dialami banyak orang. Padahal, untuk memiliki rambut yang berkilau dan bebas kusam tidak membutuhkan perawatan yang mahal.

Dengan menggunakan minyak habbatussauda secara rutin akan membuat rambut menjadi indah dan berkilau. Hal ini terjadi karena minyak habbatussauda memiliki kandungan thymoquinone yang kaya akan protein, saponin, dan alkaloid yang dapat memberikan nutrisi pada rambut secara maksimal, sehingga rambut menjadi indah, pekat dan berkilau.

9. Menghitamkan rambut

kelebihan habbatussauda untuk kesehatan rambut
© 2023 brilio.net/freepik.com

Uban merupakan masalah yang lumrah terjadi, pada umumnya uban dialami orang yang sudah lanjut usia. Tetapi, kini tak jarang juga anak muda yang mengalami permasalahan rambut beruban. Untuk mengatasi masalah tersebut, menggunakan minyak habbatussauda bisa menjadi solusinya.

Selain karena minyak habbatussauda memiliki warna yang hitam pekat, habbatussauda mengandung linoleic acid yang dapat mencegah penipisan sel pigmen pada folikel rambut yang menjadi penyebab rambut beruban. Penggunaan minyak habbatussauda dalam perawatan rambut secara rutin dapat mencegah timbulnya uban sejak dini.

Magang: Jessica Tosya

(brl/ola)