Cewek rambut keriting putuskan rebonding hasilnya malah rapuh, ini cara merawatnya agar sehat kembali

8 Juli 2024 06:00 WIB

Brilio.net - Perlu diketahui bahwa rambut terdiri dari protein bernama keratin yang berfungsi untuk memberikan kekuatan dan ketahanan di setiap helai rambut. Meski begitu, faktor genetik memainkan peran penting dalam memengaruhi ketebalan dan struktur rambut, seperti lurus, ikal, atau keriting.

Di antara berbagai jenis rambut tersebut, rambut keriting menjadi salah satu jenis rambut yang sulit perawatannya. Bagi pemilik rambut keriting, biasanya akan sering dihadapkan dengan masalah rambut kusut dan sulit ditata. Meski begitu, bukan berarti rambut keriting tidak bisa diatur.

Merawat rambut keriting memang tidak sesederhana merawat rambut lurus karena jenis rambut keriting mudah mengembang seperti rambut singa. Perlu kesabaran dan ketelatenan yang ekstra untuk bisa mendapatkan rambut rapi. Alhasil, banyak orang yang memutuskan untuk melakukan treatment pelurusan rambut, agar lebih mudah diatur dan dianggap lebih cantik jika memiliki rambut lurus.

Nah, salah satu treatment rambut yang banyak dilakukan adalah rebonding. Rebonding merupakan metode pelurusan rambut dengan mengubah struktur rambut keriting menjadi lurus. Oleh karena itu, obat pelurus yang digunakan biasanya mengandung zat kimia cukup kuat. Nah, hal inilah yang kerap kali membuat rambut jadi rusak jika tidak dirawat dengan baik pasca treatment rebonding.

Seperti kisah yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @lalaklara27, yang menceritakan tentang rambutnya jadi rapuh usai memutuskan rebonding. Meski begitu, ia berhasil mengembalikan kesehatan rambutnya dengan beberapa perawatan.

foto: TikTok/@lalaklara27

"Perjalanan rambut keriting aku, bonding bikin rambut patah dan kasar," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @lalaklara27, Sabtu (6/7).

Melalui video yang berdurasi 19 detik tersebut, pemilik akun yang diketahui bernama Lala itu memutuskan untuk melakukan rebonding. Pasalnya, ia memiliki rambut yang keriting dan mengembang. Setelah melakukan rebonding, rambutnya jadi auto lurus dan mudah diatur. Namun sayangnya, rambut jadi rapuh, sehingga tampak tipis dan mudah patah.

"Terlihat cantik tapi ternyata tipis & mudah patah," kata Lala.

foto: TikTok/@lalaklara27

Bahkan seiring waktu, saat rambutnya mulai memanjang, bentuk rambutnya jadi tidak beraturan. Pasalnya, rambut yang tumbuh tetap keriting, sedangkan ujung rambutnya tampak lurus (bekas rebonding). Karena hal itu, Lala harus mencatok rambutnya setiap hari agar tampak lebih rapi.

Sayangnya, kondisi rambutnya semakin memburuk. Rambut jadi semakin tipis, rapuh, dan mudah patah. Akhirnya Lala memutuskan untuk memotong semua rambutnya yang pernah di-rebonding. Ini dilakukan agar rambutnya kembali sehat meski memiliki struktur keriting.

Tak hanya itu saja, Lala juga merawat rambut keritingnya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Ia menggunakan masker rambut secara rutin memakai kombinasi kemiri dan santan kelapa. Hasilnya, rambut keritingnya jadi tumbuh sehat dan lebih terdefinisi. Bahkan, meskipun keriting, namun rambutnya jadi mudah diatur dan antikusut.

foto: TikTok/@lalaklara27

"Aku terus merawat rambut dengan bahan-bahan alami. Hingga akhirnya rambut keriting aku tumbuh sehat. Keritingnya lebih terdefinisi saat di styling," pungkas Lala.

Kandungan kemiri untuk mengatasi rambut rapuh dan sulit diatur.

Kemiri mengandung asam lemak linoleat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang dipercaya mampu menutrisi dan mencegah kerusakan rambut. Tak hanya itu saja, kandungan protein dan mineral di dalamnya juga bisa memperkuat folikel rambut sekaligus menguatkan rambut dari akar hingga ujungnya. Alhasil, rambut jadi mudah diatur dan antikusut.

Manfaat santan kelapa untuk menguatkan rambut.

Manfaat santan untuk rambut di antaranya adalah membantu melembapkan rambut dan kulit kepala. Ini berkat kandungan asam lemak yang berfungsi menjadi pelembap alami untuk rambut. Asam lemak juga bisa memperbaiki rambut yang rusak akibat terlalu kering dan rapuh.

Nah, kamu bisa merawat rambut rusak dan rapuh menggunakan kombinasi dua bahan alami tersebut. Caranya, kamu perlu menyiapkan beberapa butir kemiri dan santan kelapa secukupnya. Blender keduanya lalu masukkan kedalam botol spray. Aplikasikan pada bagian batang hingga ujung rambut. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

(brl/far)