Cuma pakai 2 bahan dapur, cara hilangkan kerak ketombe ala wanita ini bikin kepala bebas gatal

07 / 02 / 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Ketombe adalah permasalahan kulit kepala yang sangat menyebalkan. Tak hanya menimbulkan rasa gatal yang mengganggu, ketombe juga akan membuat serpihannya mengotori rambut dan baju. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kepala berminyak (dermatitis seboroik) atau kulit kepala yang terlalu kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis.

Selain itu, penampakan bintik-bintik putih pada rambut tentu kurang enak dilihat. Dari berbagai penyebab ketombe di atas, masalah kulit kepala, seperti terlalu berminyak atau terlalu kering sehingga kemungkinan jamur malassezia berkembang biak bisa semakin besar.

Jenis jamur malassezia ini menghambat pelepasan sel kulit mati sehingga menghasilkan kumpulan bintik putih yang tampak lebih jelas. Kamu juga bisa mengalaminya di bagian tubuh lain seperti belakang telinga, alis, atau lipatan wajah. Apalagi ketombe yang kamu alami adalah ketombe berkerak yang memang sedikit lebih sulit untuk menghilangkannya. Tak jarang pula dibarengi dengan rambut rontok cukup parah.

Kerontokan rambut yang terjadi ini adalah dampak dari kesehatan kulit kepala yang terganggu. Kondisi ini juga akan menghambat pertumbuhan rambut dan merusak folikel rambut dalam menjaga kesehatan rambut.

Untuk mengatasinya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, tentunya selain menggunakan sampo antiketombe ya. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapurmu. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ankitamehtashah pada 18 September 2022 lalu.

foto: freepik.com

Melalui video unggahan yang berdurasi 43 detik tersebut pemilik akun membagikan cara menghilangkan kerak ketombe pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah lemon dan yoghurt.

"Homemade hair mask for dandruff (Masker rambut buatan sendiri untuk ketombe)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ankitamehtashah, Selasa (6/2).

Lemon dikenal mengandung vitamin C yang tinggi di dalamnya. Selain itu, lemon mengandung asam sitrat, flavonoid, zat besi, vitamin B, serta zat pencerah alami, yang umum digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Salah satu manfaat lemon untuk rambut adalah mengatasi ketombe. Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon diyakini dapat mengatasi ketombe dan kulit kepala yang kering.

Sebuah studi yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology menyebutkan bahwa asam sitrat dapat membantu mengatur keseimbangan pH kulit kepala secara alami. Dengan demikian, kulit kepala menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko munculnya ketombe.

Tak terkecuali dengan yoghurt yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut berketombe. Selain mampu melembapkan kulit kepala secara optimal. Bahan ini akan menutrisi kulit kepala sehingga menghindarkanmu dari rambut berketombe. Yoghurt juga mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat antibakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

Produk fermentasi susu ini bahkan dianggap sebagai bahan yang efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut dan kulit kepala. Sifatnya yang menenangkan dan lembap juga akan membantu mengatasi proriasis di kulit kepala.

Dari kedua bahan tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai hair mask untuk mengatasi kerak ketombe penyebab gatal pada kepala. Berikut cara membuatnya.

foto: TikTok/@ankitamehtashah

Bahan:

1. 1/2 Buah perasan lemon
2. 3 Sendok makan yoghurt.

Cara membuat:

1. Campurkan kedua bahan pada wadah lalu aduk sampai merata
2. Aplikasikan pada rambut khususnya pada bagian akar rambut dan kulit kepala
3. Gosok dan pijat secara perlahan
4. Diamkan selama kurang lebih 20 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih, lalu lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner
6. Lakukan secara rutin setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.