Hasilnya bak creambath di salon, cara atasi rambut kaku & mengembang ini pakai sampo dicampur 1 produk

8 Juli 2024 12:45 WIB

Brilio.net - Punya rambut halus dan mudah diatur meski setelah bangun tidur tentu jadi idaman bagi semua orang, termasuk perempua. Tapi sayangnya, nggak semua memiliki rambut halus secara alami. Tak sedikit yang justru punya rambut kaku bak singa saat bangun tidur atau bahkan sepanjang hari.

Rambut kaku ini bisa terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah penggunaan sampo yang tidak cocok. Pasalnya, adanya kandungan sulfat (SLS) dan paraben dalam sampo dapat menghilangkan kelembapan alami dalam rambut.

Selain itu, kebiasaan terlalu sering keramas juga bikin rambut jadi kaku, lantaran produksi minyak alami berkurang. Maka dari itu, rambut kehilangan kelembapannya dan menyebabkan tekstur rambut jadi kaku dan kering. Tak cuma itu, melakukan bleaching juga bikin rambut jadi kering.

Bukan tanpa sebab, bahan kimia dalam bleaching dapat menganggu kesehatan rambut, sehingga bikin kering, bercabang dan mudah rontok. Nah, untuk mengembalikan kelembapan rambut, kamu perlu melakukan perawatan. Nggak cuma menghilangkan sensasi keringnya, perawatan yang tepat juga bikin rambut jadi halus dan mudah diatur.

foto: TikTok/@jinglebabe1112

Nggak harus pergi ke salon, kamu bisa mengatasi rambut kaku dengan perawatan rambut sendiri di rumah. Salah satu pengguna TikTok bernama Triana Desy membagikan video berisi hair care rutinnya di TikTok. Lewat unggahannya, ia membuat racikan hair mask dengan mengombinasikan sampo dan minyak kelapa.

Kombinasi kedua bahan tersebut diklaim ampuh menghaluskan rambut kaku dan mengembang. Nah, bagi kamu yang penasaran yuk simak caranya sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari TikTok @jinglebabe1112, Senin (8/7):

foto: TikTok/@jinglebabe1112

1. Siapkan sampo yang biasa kamu gunakan
2. Tuangkan sampo kurang lebih dua sendok
3. Tuangkan satu sendok minyak kelapa
4. Aduk semua bahan hingga tercampur
5. Aplikasikan pada seluruh rambut hingga merata
6. Pijat-pijat selama beberapa menit
7. Bilas menggunakan air biasa
8. Dengan menggunakan cara di atas, rambut kaku jadi halus dan lembut bak creambath di salon
9. Ulangi trik ini secara rutin agar rambut kamu jadi lebih sehat.

Manfaat minyak kelapa untuk menghaluskan rambut

Minyak kelapa menjadi bahan alami yang punya banyak manfaat, salah satunya untuk merawat kesehatan rambut. Dilansir dari Healthline, minyak kelapa merupakan pelembap alami. Minyak kelapa bekerja menembus batang rambut dan melindungi kulit dari kering.

Tak cuma itu, minyak kelapa juga mampu meningkatkan produksi protein, sehingga mampu melindungi rambut saat melakukan pewarnaan dan penggunaan alat hair dryer.

(brl/mal)