Hasilnya tampak dalam semalam, ini cara atasi uban prematur jadi auto hitam kembali pakai 1 jenis buah

20 / 05 / 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Uban adalah kondisi tumbuhnya helaian rambut berwarna putih keabu-abuan, yang umumnya akan muncul saat seseorang berusia 30 tahun. Ini terjadi karena seiring menuanya seseorang, produksi melanin pada folikel rambut akan mengalami penurunan. Sehingga rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen secara sempurna.

Namun uban juga bisa muncul lebih cepat saat kamu masih remaja lho. Kondisi ini disebut dengan uban prematur. Uban prematur disebabkan oleh banyak faktor. Seperti genetik, perubahan hormonal, seringnya melakukan styling rambut, mewarnai rambut dengan pewarna kimia, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Adanya uban prematur cukup membuat penderitanya kurang percaya diri sehingga banyak yang mencari cara untuk mengatasinya. Mulai dari menyemir rambut menggunakan henna dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Meski menggunakan bahan alami, namun jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang hitam merata tanpa harus menyemir rambut lho.

Seperti unggahan dari akun TikTok @healthviraltips pada 9 Desember 2023, yang membagikan tentang cara atasi uban prematur agar kembali hitam pakai 1 jenis buah tomat. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kopi dan minyak zaitun.

"Apply it 1 Night -- White Hair Turn To Jet Black Permanently with this homemade remedy. 100% Working remedy (Oleskan 1 Malam - Rambut Putih Berubah Menjadi Hitam Dengan Cepat Secara Permanen dengan obat buatan sendiri ini. Obat yang 100% berfungsi)," kata pemilik akun dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @healthviraltips, Minggu (19/5).

foto: freepik.com

Melansir dari Healthline, tomat memiliki kandungan vitamin C dan folat. Berkat kandungannya tersebut, tomat memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Salah satunya adalah mengatasi uban prematur. Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin pada tomat akan menutrisi rambut dan kulit kepala, sehingga uban prematur bisa dicegah.

Selain itu, adanya kandungan likopen berupa antioksidan membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel rambut dan menyebabkan penuaan dini, termasuk munculnya uban. Sementara itu, asam alami dalam tomat dapat membantu menyeimbangkan pH kulit kepala, yang bisa mencegah berbagai masalah rambut, termasuk ketombe dan kerontokan rambut yang bisa memicu munculnya uban.

Sementara bubuk kopi yang memiliki kandungan kafein dan antioksidan, untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Kopi juga memiliki warna yang gelap, sehingga bisa bertindak sebagai noda atau pewarna alami pada rambut. Antioksidan di dalamnya juga efektif untuk mencegah uban prematur. Di sisi lain, kopi punya kemampuan eksfoliasi kulit kepala. Kemampuannya itu ampuh menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga secara langsung bisa membersihkan pori-pori dari ketombe.

Tak terkecuali dengan minyak zaitun yang juga bisa kamu jadikan bahan untuk mengatasi uban prematur. Ini berkat kandungan antioksidan dan asam lemak yang dapat membantu menebalkan dan menghitamkan rambut. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat mempercepat proses penuaan dan munculnya uban. Dengan melawan stres oksidatif, minyak zaitun membantu menjaga kesehatan sel-sel rambut.

Pijatan minyak zaitun bantu cegah munculnya uban.

Kegunaan dari minyak zaitun tak sekedar dioleskan saja. Agar manfaatnya bisa kamu dapatkan maksimal, berikan pijatan yang nyaman pada kulit kepala. Pasalnya pijat minyak zaitun ke kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah ke folikel rambut memastikan bahwa rambut mendapatkan nutrisi yang cukup dan oksigen, yang penting untuk kesehatan rambut dan dapat membantu mencegah perubahan warna rambut menjadi abu-abu.

foto: TikTok/@healthviraltips

Dengan ketiga bahan alami tersebut kamu dapat membuat masker rambut yang efektif untuk menghitamkan uban prematur. Bahkan efeknya bisa kamu dapatkan hanya dalam waktu semalam lho. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 buah tomat
2. 1 sendok teh bubuk kopi
3. 1 sendok teh minyak zaitun

foto: TikTok/@healthviraltips

Cara membuat dan menggunakan:

1. Parut tomat hingga halus
2. Saring tomat dan ambil sarinya saja
3. Tambahkan bubuk kopi dan minyak zaitun
4. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
5. Aplikasikan masker pada rambut secara menyeluruh
6. Diamkan selama 1 jam atau semalaman
7. Bilas menggunakan sampo serta kondisioner andalanmu
8. Lakukan metode ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.