Jadi bahan andalan Ardina Rasti, ini cara atasi rambut kasar akibat sering disemir pakai minyak zaitun

16 / 06 / 2024 18:00 WIB

Brilio.net - Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan wanita untuk menunjang penampilan adalah menyemir rambut. Begitu juga para seleb yang gemar bergonta-ganti warna rambut untuk kebutuhan pekerjaan. Nah, salah satu seleb yang hobi menyemir rambut adalah Ardina Rasti.

Seperti yang diketahui bahwa rambut yang sering diwarnai memang cenderung lebih rentan terhadap kekeringan dan kerontokan. Tak hanya itu saja, rambut juga mudah bercabang, patah, terlihat kusam, kusut dan sulit diatur. Karena itu diperlukan perawatan ekstra untuk menjaganya.

Begitupun dengan Ardina Rasti yang merawat rambut sering disemir menggunakan bahan-bahan alami agar bebas dari rontok dan kasar. Bahan alami yang kerap dia andalkan adalah minyak zaitun.

"Aku pakai minyak zaitun," ungkap Rasti, yang telah briliobeauty.net lansir dari KapanLagi.com, Minggu (16/6).

Minyak zaitun memang menjadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Ini berkat berbagai kandungan di dalamnya yang ampuh melembapkan, menutrisi, dan melembutkan rambut. Manfaat ini akan lebih optimal jika dikombinasikan dengan bahan alami lain.

Ardina Rasti atasi rambut kasar akibat sering disemir
TikTok/@_ittsmay

Tak hanya Ardina Rasti, ternyata banyak orang mengandalkan minyak zaitun untuk merawat rambutnya. Termasuk pengguna TikTok dengan nama akun @_ittsmay. Melalui unggahannya, pemilik akun tersebut membagikan cara atasi rambut kasar akibat sering disemir pakai minyak zaitun dan madu. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini.

Bahan:

- 1/2 cup minyak zaitun
- 1 sendok makan madu

Ardina Rasti atasi rambut kasar akibat sering disemir
TikTok/@_ittsmay

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan minyak zaitun pada mangkuk kaca
2. Masukkan kedalam microwave selama 1 menit sampai hangat
3. Keluarkan dari microwave lalu tambahkan madu
4. Aduk keduanya sampai benar-benar tercampur merata
5. Aplikasikan pada bagian batang hingga ujung rambut secara menyeluruh
6. Gulung rambut dan diamkan selama 1-2 jam
7. Bilas menggunakan air bersih lalu lanjutkan dengan sampo yang gentle
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut lembut dan bebas kasar meski sering disemir.

Ardina Rasti atasi rambut kasar akibat sering disemir
TikTok/@_ittsmay

Kandungan minyak zaitun untuk melembutkan rambut kasar.

Minyak zaitun mengandung asam lemak sehat dan vitamin E, yang efektif mengunci kelembapan dalam batang rambut, memperkuat akar rambut, dan melembutkan rambut yang kering serta terasa kasar. Selain itu, minyak zaitun juga dapat memberikan perlindungan alami terhadap ancaman kerusakan akibat paparan radikal bebas. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat menjaga kesehatan rambut dan mencegah kerontokan akibat sering melakukan styling rambut.

Manfaat madu untuk menjaga rambut tetap lembap dan antikusut.

Madu dapat bertindak sebagai emolien sekaligus humektan sehingga dapat melembapkan sekaligus menutrisi rambut. Sifat emolien pada madu juga efektif melembutkan folikel rambut sehingga membuatnya terlihat lebih berkilau. Sedangkan sifat humektan pada madu dapat mengikat molekul air pada rambut sehingga mencegah rambut menjadi kering, kasar, dan kusut.