Jadi bahan favorit Pevita Pearce untuk hair mask, ini cara atasi rambut kusut pakai masker telur

11 / 06 / 2024 15:10 WIB

Brilio.net - Kecantikan Pevita Pearce tak lepas dari rambut panjangnya yang terurai indah. Seleb cantik ini memang dikenal memiliki rambut panjang yang tebal dan tampak sehat. Meski begitu, ternyata Pevita pernah mengalami masalah di rambutnya. Seperti rambut kusut, kusam, dan kering.

Bukan tanpa alasan, masalah rambut yang dialami oleh Pevita tersebut hasil dari kebiasaan mencatok dan mewarnai rambut. Perlu diketahui bahwa terlalu sering mencatok dan mewarnai rambut menggunakan semir kimia, dapat merusak kutikula rambut dan membuat rambut jadi terasa kering dan kusut.

Nah, karena kondisi itulah, Pevita sempat merasa kurang percaya diri dengan penampilan rambutnya dan memutuskan untuk merawat rambutnya secara lebih ekstra. Ia melakukan perawatan menggunakan hair care dan memanfaatkan bahan-bahan alami untuk dijadikan masker rambut. Salah satu bahan alami yang ia gunakan adalah telur.

"Aku suka pakai madu atau telur untuk rambut," ujar adik Keenan Pearce tersebut seperti yang briliobeauty.net lansir dari liputan6.com, Selasa (11/6).

Seperti yang diketahui bahwa telur adalah bahan alami yang kerap dijadikan sebagai masker alami rambut. Ini berkat kandungan protein dan berbagai vitamin di dalamnya. Manfaat telur untuk rambut akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

foto: TikTok/@mahnooryousaf8

Seperti unggahan yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @mahnooryousaf8, yang mengombinasikan telur, mustard oil, dan yoghurt untuk mengatasi rambut kusut. Berikut cara membuat dan menggunakannya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @mahnooryousaf8, Selasa (11/6).

Bahan:

- 1 butir telur
- 1-2 sendok makan mustard oil
- 1-3 sendok makan yoghurt plain

foto: TikTok/@mahnooryousaf8

Cara membuat dan menggunakan:

1. Pecahkan telur pada wadah bersih
2. Tambahkan mustard oil dan yoghurt plain
3. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
4. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
5. Pijat-pijat dengan lembut dan diamkan selama 35 menit
6. Bilas menggunakan air dan lanjutkan dengan sampo serta kondisioner
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang lebih lembut dan antikusut.

foto: TikTok/@mahnooryousaf8

Kandungan telur untuk melembutkan rambut kusut.

Salah satu kandungan utama dalam telur adalah protein yang bermanfaat untuk menutrisi dan membuat rambut tampak lebih berkilau. Telur juga kaya akan lemak berupa lecithin, untuk membuat rambut lebih lembap dan lembut. Sifatnya yang melembutkan membuat lecithin banyak digunakan di sejumlah produk perawatan rambut seperti penumbuh rambut dan pelembap rambut.

Dikutip dari Mayo Clinic, lemak sehat mampu memberikan hidrasi pada rambut sehingga membuatnya tetap lembap. Itu sebabnya, manfaat telur sangat baik untuk mengatasi rambut kering dan kusut.

Manfaat mustard oil untuk melembapkan rambut rusak.

Minyak mustard mengandung vitamin E dan antioksidan yang efektif untuk merawat rambut rusak, menjadi kondisioner alami, mempercepat pertumbuhan rambut, dan mencegah rambut bercabang. Selain itu, mustard oil juga mengandung asam lemak yang ampuh menghaluskan dan melembapkan rambut.

Yoghurt efektif untuk mencegah rambut kasar dan kusut.

Yoghurt dapat membantu menghidrasi rambut, sehingga dapat mencegah rambut kasar dan kusut. Manfaat tersebut didapatkan berkat kandungan asam laktat dan lemak alami di dalamnya. Selain itu, yoghurt juga bisa membantu melembutkan rambut yang kusut dengan menjaga kelembapan rambut lebih lama.