Jadi bahan favorit Tara Basro untuk rawat rambut diwarnai, ini cara bikin hair mask dari minyak kelapa

19 / 06 / 2024 22:40 WIB

Brilio.net - Sebagai salah satu publik figur yang hobi mewarnai rambutnya, membuat Tara Basro sering mengalami masalah pada rambut. Seperti rambut kering, kusam, kasar, hingga bercabang. Bukan tanpa alasan, pasalnya rambut yang sering terkena pewarna kimia akan rentan kering dan rusak.

Nah, untuk mengatasi masalah rambut tersebut. Tara Basro rajin merawat rambutnya, dengan menggunakan produk hair care dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Ia kerap menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Pasalnya minyak kelapa ampuh melembutkan rambut, melembapkan, sekaligus membuatnya berkilau secara alami.

foto: TikTok/@xenyasx.ugc

Sejalan dengan hal itu, kamu bisa menyimak cara bikin hair mask dari minyak kelapa, seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @xenyasx.ugc. Melalui unggahan yang berdurasi 29 detik tersebut, pemilik akun menggunakan minyak kelapa untuk memaksimalkan fungsi kondisioner. Berikut cara membuat dan menggunakannya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @xenyasx.ugc, Rabu (19/6).

Bahan:

foto: TikTok/@xenyasx.ugc

- 1-2 sendok makan minyak kelapa murni (VCO)
- Kondisioner secukupnya (sesuaikan dengan panjang rambut)

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@xenyasx.ugc

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah bersih.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Sisir rambut terlebih dahulu agak tidak kusut.
4. Aplikasikan hair mask buatan kamu tersebut pada batang hingga ujung rambut secara menyeluruh.
5. Setelah seluruh bagian batang hingga ujung rambut terkena masker, gulung rambut lalu diamkan selama 1-2 jam.
6. Bilas menggunakan air sampai bersih (kamu juga bisa melanjutkan dengan penggunaan sampo yang gentle).
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang lembut dan sehat meski sering diwarnai.

Manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan rambut.

Minyak kelapa murni berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa asam laurat dalam minyak kelapa dapat bekerja sebagai pelembap rambut dan membuatnya terasa lebih lembut.

Asam laurat di dalamnya juga terbukti lebih ampuh mencegah rambut kehilangan protein. Asam laurat inilah yang juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi akibat bahan kimia dari pewarna rambut.

Penggunaan kondisioner mampu menjaga rambut tetap lembut dan mencegahnya dari kerusakan.

Kondisioner umumnya mengandung surfaktan kationik yang dapat melindungi lapisan terluar rambut, yakni kutikula rambut. Kutikula inilah yang berperan mengontrol kandungan air pada serat rambut dan melindungi lapisan terdalamnya untuk memberikan kekuatan serta tekstur pada rambut. Kondisioner juga akan menghaluskan kutikula, sehingga rambut jadi tampak halus, berkilau, dan sehat.