Jadi halus dan mudah diatur, ini trik atasi rambut kering pakai krim creambath dicampur 2 jenis minyak

09 / 06 / 2024 15:00 WIB

Brilio.net - Rambut kering tidak hanya disebabkan penggunaan alat styling yang terlalu sering, namun kondisi ini juga bisa berasal dari kurangnya perlindungan rambut. Setiap helai rambut sehat memiliki pelindung yang disebut kutikula. Nah, kutikula melindungi rambut dari panas dan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Perlu diketahui, dalam kutikula yang sehat terdapat lapisan-lapisan yang saling menempel erat untuk menjaga kelembapan. Ketika lapisan kutikula terpisah dan terkelupas dari rambut, hal ini membuat kutikula tak bisa menahan kelembapan dan minyak. Oleh karena itu, rambut mudah kering dan patah.

Penyebab lainnya berasal dari penggunaan produk perawatan rambut yang salah. Hal ini bisa terjadi karena kamu tidak memilih hair care sesuai jenis rambut. Selain itu, adanya kandungan alkohol bisa menghilangkan minyak dan kelembapan alami pada rambut. Solusinya, kamu perlu menghindari produk hair care dengan kandungan alkohol dan ganti dengan bahan kandungan sampo yang lebih ramah, seperti minyak alpukat dan minyak argan.

Selain mengganti sampo dengan bahan yang lebih aman, kamu juga bisa mengatasi rambut kering pakai kombinasi hair care dengan produk lainnya. Cara ini seperti dilakukan beauty enthusiast bernama Brigita. Unggahan cara mengatasi rambut kering ini dibagikan Brigita pada akun TikToknya @daivuuu beberapa waktu lalu.

"Tutorial hair care untuk rambut kering & rusak," keterangan dalam unggahan video, dikutip briliobeauty.net, Minggu (9/6).

Dalam unggahan video, terlihat Brigita mengombinasikan krim creambath dengan baby oil dan minyak rosemary. Cara mengombinasikan ketiga bahan tersebut cukup mudah, sebagai berikut:

foto: TikTok/@daivuuu

1. Siapkan gelas atau wadah bersih.
2. Masukkan dua sendok makan krim creambath.
3. Tuangkan satu sendok makan baby oil.
4. Berikan beberapa tetes minyak rosemary.
5. Aduk semua bahan hingga rata.
6. Aplikasikan pada rambut yang sudah disisir.
7. Aplikasikan secara merata, dari ujung batang hingga ujung rambut.
8. Tunggu selama 30 hingga 60 menit.
9. Bilas sampai bersih dan lanjutkan dengan menggunakan sampo.
10. Bilas dan lanjutkan dengan kondisioner.
11. Bilas lagi dan keringkan rambut.
12. Aplikasikan hair tonic dan sisi rambut hingga rapi.
13. Gunakan trik ini secara rutin agar rambut halus dan mudah diatur.

Manfaat krim creambath, baby oil, dan rosemary oil bagi rambut.

Punya rambut kering merupakan kondisi yang menyebalkan bagi sejumlah orang. Namun jangan khawatir, rambut kering bisa kamu atasi dengan menggunakan krim creambath, baby oil, dan minyak rosemary. Semua produk tersebut diklaim bisa atasi rambut kering dan bikin sehat. Hal ini lantaran adanya berbagai kandungan baik di dalam produk. Nah, kamu penasaran dengan manfaat masing-masing produk? Yuk simak informasi di bawah ini:

1. Krim creambath.

Produk hair care ini kerap diandalkan untuk mengatasi rambut kusut. Pasalnya, krim creambath mengandung silika yang bisa bikin rambut jadi lebih lembut dan halus. Selain itu, krim creambath juga mampu memperkuat helaian rambut. Adanya kandungan minyak dalam krim creambath dipercaya bisa mengatasi rambut kering.

2. Baby oil.

Produk yang kedua yaitu baby oil, melansir dari brydie.com, Minggu (9/6) baby oil mampu mencegah kehilangan kelembapan dan menghaluskan rambut kusut. Hal ini dikarenakan adanya sifat oklusif dalam produk baby oil. Nah, sifat oklusif ini bisa melapisi rambut sepenuhnya hingga kutikula, sehingga baby oil bisa mengatasi rambut kusut.

3. Rosemary oil.

Rosemary merupakan tanaman yang biasanya digunakan untuk campuran bahan masakan. Namun selain itu, rosemary oil ternyata punya manfaat bagi kesehatan rambut. Adanya sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba bisa mendukung pertumbuhan rambut serta mengatasi kerontokan dan kering.