Jadi kuat dan tumbuh lebat, ini cara cegah rambut rontok pakai air rendaman dari 1 bahan makanan

06 / 06 / 2024 20:16 WIB

Brilio.net - Rambut rontok merupakan hal wajar yang terjadi pada setiap orang. Namun kerontokan sebanyak 100 helai rambut atau telogen effluvium termasuk sebagai gangguan pada kulit kepala. Penyebab umum terjadinya kerontokan bisa dipicu dari stres yang tak kunjung reda. Stres yang berasal dari berbagai hal bisa memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Nggak cuma stres, faktor lain yaitu adanya perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil, pubertas, dan menopause juga bisa membuat rambut jadi rontok. Dalam fase ini hormon teroid tidak stabil sehingga bisa menyebabkan kerontokan. Sedangkan peningkatan perubahan hormon estrogen pada ibu hamil juga bisa berdampak pada fase pertumbuhan rambut.

Kekurangan vitamin juga bisa memicu rambut rontok, terlebih lagi saat rambut tak mendapatkan vitamin B. Vitamin B ini cukup penting bagi rambut karena bisa menekan kerontokan berlebih. Kamu bisa menemukan vitamin B dalam makanan seperti jagung, kentang, labu, kacang polong, dan lainnya.

Cukup penting memenuhi asupan vitamin pada rambut. Selain mengonsumsi makanan penuh gizi, kamu juga perlu merawat rambut menggunakan bahan alami. Seperti yang dilakukan oleh pengguna Instagram yakni @nicollete_hairglam yang memanfaatkan air beras. Air yang berasal dari bahan makanan ternyata punya manfaatnya bagi kesehatan rambut. Nah, penasaran dengan cara membuat dan memakainya? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @nicollete_hairglam, Kamis (6/6).

foto: Instagram/@nicollete_hairglam

Bahan dan alat:

- Air putih
- 2 sendok makan beras
- Botol spray.

foto: Instagram/@nicollete_hairglam

Cara membuat:

1. Cuci beras cukup satu kali saja
2. Tuangkan air putih pada beras
3. Tunggu hingga beberapa menit
4. Masukkan air beras ke dalam botol spray
5. Ramuan air beras siap kamu gunakan.

foto: Instagram/@nicollete_hairglam

Cara menggunakan:

1. Bagi rambut menjadi beberapa bagian
2. Jepit rambut dan semprotkan air beras secara merata
3. Tunggu selama beberapa 15 hingga 20 menit
4. Bilas dan aplikasikan kondisioner hingga merata
5. Diamkan hingga beberapa saat dan bilas lagi
6. Gunakan air beras ini setelah keramas dan aplikasikan secara rutin.

Manfaat air beras untuk rambut.

Air beras yang biasanya dibuang begitu saja saat proses memasak nasi, ternyata punya manfaat untuk jaga kesehatan rambut lho. Melansir dari Cleveland Clinic, Kamis (6/6) menyemprotkan air beras pada rambut bisa melindungi kutikula dan berfungsi mencegah folikel bergesekan satu sama lain, sehingga tak mudah patah.

Selain itu, adanya kandungan antioksidan dalam air beras bisa memperkuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan dalam beras juga bisa melindungi rambut dari stres yang bikin rusak. Kemudian adanya vitamin V, vitamin E, magnesium, mangan, dan seng di dalam air beras dipercaya membuat rambut lebih halus dan tak mudah kusut.