Kembali hitam dalam 7 hari, ini cara menyamarkan rambut beruban pakai hair oil dari 1 bahan dapur

11 April 2024 10:10 WIB

Brilio.net - Uban atau rambut putih sering dianggap sebagai tanda penuaan yang kemunculannya tidak terduga. Pasalnya rambut beruban tidak hanya muncul di usia senja, melainkan bisa muncul di usia muda. Walaupun kemunculannya tidak diinginkan, uban termasuk proses alami dalam tubuh yang tidak dapat dihindari oleh siapapun. Meski begitu, rambut beruban masih bisa kamu samarkan. Sebelum mengetahui cara menyamarkan uban, kamu perlu mengetahui sejumlah informasi mengenai proses munculnya rambut putih.

Rambut beruban bisa terjadi karena melanosit dalam folikel rambut menghasilkan melanin (memberi warna pada rambut). Seiring bertambahnya usia, produksi melanin ini menurun, dan rambut yang baru tumbuh memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Nah, penyebaran melanosit yang mulai berkurang menyebabkan rambut tumbuh dalam keadaan kehilangan warna.

Kondisi di atas tidak hanya disebabkan oleh penuaan, tetapi bisa terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari stres, paparan sinar matahari, kerusakan sel, hingga radikal bebas.

Walaupun penampilan rambut beruban cukup menganggu, kamu tak perlu khawatir. Rambut beruban bisa kamu samarkan dengan hair oil yang terbuat dari bahan alami. Meski dibuat dari bahan alami, hair oil ini diklaim mampu kembalikan warna hitam rambut dalam tujuh hari.

Hair oil ini terbuat dari bawang merah, amla, dan campuran minyak kelapa. Bawang merah dikenal mengandung sulfur yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Kandungan sulfur dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dan membantu mengatasi masalah uban.

Antioksidan yang terdapat dalam bawang merah juga dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan radikal bebas dan polusi lingkungan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak bawang merah secara teratur dapat membantu mempertahankan atau mengembalikan warna alami rambut.

Amla kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan oksidatif penyebab uban. Kandungan vitamin C dalam amla diyakini dapat merangsang produksi melanin dalam folikel rambut, yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan uban. Amla juga dikenal karena kemampuannya untuk melembapkan dan menjaga kelembutan serta kilau alami rambut.

Sedangkan minyak kelapa memiliki sifat pelembap alami yang dapat membantu menjaga kelembutan dan kesehatan rambut. Adanya sifat pelembap alami juga dapat membantu mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan uban.

Tak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur dan mengatasi masalah ketombe, yang sering kali menjadi faktor penyebab munculnya uban. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa dapat membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko munculnya uban.

Itulah manfaat dari sejumlah bahan alami untuk cegah munculnya uban. Lantas bagaimana cara membuat hair oil dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin membuatnya bisa menyimak informasi di bawah ini, dilansir briliobeauty.net dari kanal YouTube superprincessjo, Kamis (11/4).

Bahan:

foto: YouTube/@superprincessjo

- 2 siung bawang merah
- 2 buah amla
- 2 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat:

1. Siapkan wajan dan api kecil.
2. Tuangkan minyak kelapa ke dalam wajan tersebut.
3. Tambahkan bawang merah.
4. Masukkan buah amla.
5. SangraI semua bahan hingga matang dan keluar minyak.
6. Dinginkan bahan tersebut.
7. Tuangkan ke dalam botol, sembari disaring.
8. Hair oil siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@superprincessjo

1. Belah rambut menjadi beberapa bagian.
2. Oleskan hair oil ke seluruh lapisan rambut.
3. Pijat-pijat selama 5 menit.
4. Bilas hair oil menggunakan air dan sampo.
5. Gunakan hair oil secara rutin untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan dalam tujuh hari.

Apakah bawang merah ampuh atasi rambut rontok?

Bawang merah tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, Bahan masakan ini punya manfaat untuk jaga kesehatan rambut, salah satunya kerontokan. Bawang merah mengandung sulfur, mineral yang penting untuk kesehatan rambut. Sulfur membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut yang bisa merangsang pertumbuhan rambut baru.

Bawang merah juga mengandung antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C, flavonoid, dan quercetin. Antioksidan ini membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan rambut rontok. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, bawang merah mampu menjaga keseimbangan pH kulit. Sehingga bisa menjaga sirkulasi darah pada kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

(brl/jad)