Kisah cewek alami kerontokan karena anemia, ini cara mengatasinya agar rambut kembali sehat dan tebal

23 / 06 / 2024 10:00 WIB

Brilio.net - Rambut rontok tidak hanya disebabkan oleh penggunaan sampo yang tidak cocok dan kondisi tubuh yang stres. Namun ada faktor yang bisa membuat rambut jadi rontok, salah satunya adalah penyakit anemia. Anemia merupakan gangguan pada tubuh yang terjadi akibat tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Kondisi ini biasanya terjadi akibat sel darah tidak bisa berfungsi dengan baik.

Anemia jika tidak diatasi dengan segera bisa mengakibatkan organ tubuh tidak mendapatkan oksigen dengan baik. Maka dari itu, penderita anemia ini mudah cepat lelah dan tampak pucat. Selain berdampak buruk pada kesehatan tubuh, anemia juga bisa menyebabkan rambut rontok. Pasalnya dalam kondisi ini rambut mudah patah dan rontok.

Melansir dari Cleveland Clinic, Sabtu (22/6) zat besi membantu tubuh kamu memproduksi hemoglobin dan protein dalam sel darah merah. Hal ini membawa oksigen ke sel-sel tubuh kamu berkembang dan memperbaiki diri, termasuk sel-sel tubuh yang membantu pertumbuhan rambut. Namun kekurangan zat besi membuat pertumbuhan rambut terhambat dan melemahkan akar, sehingga mudah rontok.

foto: TikTok/@moonwarre

Kondisi di atas yang pernah dialami oleh seorang wanita dengan akun @moonwarre. Dalam unggahan video yang ada dua bagian, ia menjelaskan rambutnya mengalami rontok parah bukan karena salah sampo. Melainkan disebabkan anemia.

"setiap buka jedai rontok semua kayak abis di jenggut," keterangan dalam video dikutip briliobeauty.net dari TikTok @moonwarre, Sabtu (22/6).

Mengetahui penyebab kerontokannya, wanita tersebut langsung mengatasinya dengan berbagai cara. Cara awal yang dilakukan oleh wanita tersebut adalah memotong rambutnya dengan ukuran yang cenderung pendek.

foto: TikTok/@moonwarre

"Selain ganti sampo herbal, itu ngaruh banget potong rambut. Tetap rontok tapi dikit banget," ujarnya.

Selain itu, wanita itu melakukan perawatan secara rutin baik dari luar maupun dari dalam. Salah satunya adalah menghindari makanan dan minuman yang bisa merusak zat besi. Contohnya adalah mengonsumsi daging dan minuman yaitu es teh.

"Itu nggak boleh," jelasnya.

Kemudian cara berikutnya yaitu pastikan kamu mengonsumsi penambah darah. Hal ini dilakukan agar rambut tak rontok parah. Setelah itu, rutin menjemur diri di bawah sinar matahari pada pagi hari.

"Jam setengah 7 pagi," imbuhnya.

foto: TikTok/@moonwarre

Selain itu, mengonsumsi makanan real food. Hindari makanan instan seperti nugget, fried chicken, dan lain-lain. Cara lainnya yaitu jangan terlalu sering keramas. Menurut @moonwarre terlalu sering keramas bisa membuat folikel rambut jadi lemah. Jadi bikin gampang rontok dan lepek.

Sementara itu, trik lainnya selesai mencuci rambut harus segera dikeringkan. Lanjutkan dengan memakai hair tonic dan aplikasikan minyak zaitun. Dengan menggunakan yang sudah disebutkan, rambut rontok karena anemia bisa teratasi.