Kombinasi bubuk kopi dan 1 jenis minyak ini bisa lebatkan rambut secara alami, begini cara pakainya

4 September 2024 04:45 WIB

Brilio.net - Rambut tipis sering menjadi masalah yang mengganggu banyak orang, sehingga memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Masalah ini ditandai dengan kondisi di mana rambut tampak lebih halus dan kurang volume dibandingkan dengan rambut normal. Ciri-cirinya termasuk rambut yang tampak jarang, mudah patah, dan sulit untuk dibentuk.

Penyebab rambut tipis bisa bervariasi, mulai dari faktor genetik, perubahan hormon, hingga kekurangan nutrisi. Faktor genetik menentukan ketebalan rambut sejak lahir, sementara perubahan hormon seperti yang terjadi pada masa menopause atau gangguan tiroid dapat memperburuk kondisi ini.

Selain itu, kekurangan vitamin dan mineral seperti zat besi dan biotin juga dapat menjadi penyebab rambut tipis. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, kebanyakan orang akan memanfaatkan hair tonic penumbuh rambut. Selain itu, tak sedikit yang juga menggunakan hair mask untuk menumbuhkan rambut.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @happipham yang memakai kombinasi bubuk kopi dan 1 jenis minyak untuk melebatkan rambut. Minyak yang dimaksud adalah minyak zaitun. Yuk, simak cara membuat dan memakainya berikut ini, seperti dilansir briliobeauty.net pada Selasa (3/9).

Bahan:

foto: TikTok/@happipham

- 2 sendok makan bubuk kopi
- Minyak zaitun secukupnya

Cara membuat dan memakai:

foto: TikTok/@happipham

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh (khususnya bagian akar rambut)
4. Pijat-pijat dengan lembut, lalu gulung dan tutup menggunakan shower cap
5. Diamkan selama 30 menit
6. Bilas menggunakan air dan lanjutkan dengan sampo
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kandungan bubuk kopi untuk menebalkan rambut tipis

foto: TikTok/@happipham

Bubuk kopi dipercaya dapat menebalkan rambut tipis berkat kandungan kefein di dalamnya. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat stimulan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga memperbaiki suplai nutrisi ke folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu, bubuk kopi juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi rambut dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan kesehatan kulit kepala.

Manfaat minyak zaitun untuk bikin rambut lebat secara alami

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan alami yang dapat menebalkan rambut tipis berkat kandungan nutrisi dan sifat terapeutiknya. Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh, terutama asam oleat yang membantu memperkuat struktur rambut dan memberikan kelembapan mendalam.

Kelembapan ini penting untuk mencegah rambut dari kekeringan dan kerusakan yang bisa membuat rambut tampak lebih tipis dan rapuh. Selain itu, minyak zaitun mengandung vitamin E, yang memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi rambut dari kerusakan oksidatif dan memperbaiki kesehatan kulit kepala.

(brl/mal)