Kondisioner dicampur 2 jenis minyak bisa bikin rambut kusut jadi lebih lembut, begini cara meraciknya

27 Oktober 2024 08:00 WIB

Brilio.net - Rambut kusut sering kali menjadi masalah yang dialami banyak orang, terlepas dari jenis rambutnya. Baik rambut lurus, bergelombang, maupun keriting, kekusutan dapat membuat tampilan rambut menjadi tidak rapi dan sulit diatur.

Rambut kusut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kekurangan kelembapan, penggunaan produk styling yang berlebihan, atau bahkan kondisi cuaca yang ekstrem. Ketika rambut kehilangan kelembapan, kutikula atau lapisan luar rambut bisa mengembang, membuat rambut lebih rentan terhadap kusut.

Selain itu, penggunaan alat styling yang panas, seperti catokan atau pengering rambut, dapat merusak struktur rambut dan menyebabkan kekusutan. Untuk mengatasi kondisi ini, kebanyakan orang akan melakukan perawatan khusus di salon kecantikan. Padahal, kamu juga bisa melakukan perawatan sendiri seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @iamhajar_.

foto: TikTok/@iamhajar_

Melalui unggahan tersebut, pemilik akun menggunakan kondisioner yang dicampur 2 jenis minyak untuk bikin rambut kusut jadi lebih lembut. Minyak yang dimaksud adalah avocado oil dan coconut oil. Yuk, simak cara meracik dan menggunakannya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir pada Sabtu (26/10).

Bahan:

- Kondisioner secukupnya (gunakan sesuai panjang rambut)
- 1 sendok makan avocado oil
- 1 sencok makan coconut oil.

foto: TikTok/@iamhajar_

Cara meracik dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada batang hingga ujung rambut (di rambut basah setelah keramas)
4. Diamkan selama 15-20 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu setiap setelah keramas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

foto: TikTok/@iamhajar_

Manfaat avocado oil untuk melembutkan rambut.

Minyak alpukat (avocado oil) dikenal sebagai salah satu bahan alami yang efektif melembutkan rambut. Ini berkat kandungan lemak sehat, vitamin, dan mineral yang dimilikinya.

Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat, yang mampu menembus batang rambut dan memberikan hidrasi mendalam. Selain itu, vitamin E dalam minyak alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan rambut dan menjaga kelembapan.

Kandungan coconut oil untuk mengatasi rambut kusut.

Minyak kelapa (coconut oil) sangat efektif dalam mengatasi rambut kusut karena kemampuannya untuk menembus batang rambut dan memberikan kelembapan yang mendalam. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa efektif mengurangi kehilangan protein pada batang rambut, sekaligus menjaga kekuatannya.

(brl/lea)