Minyak untuk memasak ini bisa bikin rambut panjang jadi lembut dan berkilau, cuma dicampur kondisioner

11 Juli 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Pemilik rambut panjang akan lebih sering mengalami masalah di rambutnya dibandingkan dengan rambut pendek. Beberapa masalah yang sering dialami adalah rambut kering hingga mudah patah dan rontok. Rambut panjang yang kering juga susah diatur, sehingga kadang terlihat kusut dan mengembang.

Masalah rambut kering, kusut, hingga rontok pada pemilik rambut panjang bukan tanpa alasan. Masalah tersebut muncul karena helaian rambut panjang lebih jauh dari folikel dibandingkan rambut pendek. Kondisi tersebut menyebabkan nutrisi yang disalurkan ke batang rambut pun kurang optimal.

Faktor lain penyebab rambut panjang rentan kering dan kusut adalah kebiasaan melakukan styling yang tanpa disadari malah membuat rambut jadi tidak sehat, patah-patah, hingga bercabang. Nah, untuk menghindari dan mengatasi masalah itu, kamu bisa melakukan perawatan di rumah menggunakan bahan-bahan alami.

foto: TikTok/@xenyasx.ugc

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @xenyasx.ugc. Lewat unggahannya, ia memakai minyak kelapa untuk merawat rambut panjang agar lembut dan berkilau. Cara membuatnya pun mudah, karena cuma dicampur dengan kondisioner. Yuk, simak caranya berikut ini, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @xenyasx.ugc, Kamis (11/7).

Bahan:

- 1-2 sendok makan minyak kelapa murni (VCO)
- Kondisioner secukupnya (sesuaikan dengan panjangnya rambut)

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@xenyasx.ugc

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah bersih
2. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur merata dan tidak menggumpal
3. Sisir rambut terlebih dahulu sampai tidak ada bagian yang kusut
4. Aplikasikan masker pada bagian batang hingga ujung rambut secara menyeluruh
5. Gulung rambut dan diamkan selama beberapa jam
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang lembut dan berkilau alami.

Kandungan minyak kelapa murnia untuk merawat rambut panjang

foto: TikTok/@xenyasx.ugc

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Asam laurat di dalam minyak kelapa terbukti lebih ampuh dalam mencegah rambut kehilangan protein.

Asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga dapat membuat rambut terhindar dari kerusakan. Terlebih lagi, lemak tersebut juga berpotensi menjaga kelembapan rambut agar tidak terlihat kering dan kusam.

Manfaat kondisioner untuk melembutkan rambut

Kondisioner merupakan hair care yang bekerja untuk melindungi lapisan terluar rambut, yakni kutikula rambut. Kutikula akan mengontrol kandungan air pada serat rambut dan melindungi lapisan terdalamnya guna memberikan kekuatan dan tekstur pada rambut. Kondisioner ini lah yang akan menghaluskan kutikula, sehingga rambut jadi lembut, tampak halus, berkilau, dan sehat.

(brl/mal)