Nggak pakai obat penumbuh, beauty vlogger ini bagikan cara atasi rambut rontok dengan 2 bahan rempah

13 / 05 / 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Rambut rontok bisa menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang, baik wanita maupun pria. Penipisan rambut atau bahkan kebotakan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Masalah kerontokkan rambut ini memiliki siklus tumbuh tampak kompleks, yang terdiri dari tiga fase yaitu pertumbuhan atau anagen, fase katagen, dan fase istirahat atau telogen.

Secara alami, sekitar 80 hingga 90 persen rambut berada dalam fase pertumbuhan, sementara sisanya berada di fase istirahat. Selama fase istirahat, rambut mulai rontok dan digantikan oleh rambut baru yang tumbuh di tempatnya. Namun berbagai faktor dapat mempengaruhi siklus ini, seperti mempercepat rambut untuk memasuki fase istirahat atau bahkan memperlambat pertumbuhan rambut baru. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penipisan rambut yang berkelanjutan dan akhirnya kebotakan.

Faktor yang memengaruhi rambut rontok yang paling sering dialami banyak orang adalah genetik, stres, perubahan hormonal, dan kesehatan kepala. Selain itu, kurangnya asupan nutrisi seperti protein, zat besi, dan vitamin D juga bisa memperparah rambut rontok.

Walaupun rambut rontok membuat kamu risau. Tak perlu khawatir, rambut rontok bisa diatasi dengan perawatan rutin menggunakan hair oil. Langkah ini seperti yang dilakukan oleh beauty vlogger dengan kanal YouTube @Hairtransformation, Jumat (10/5). Dalam unggahan videonya, ia memanfaatkan dua bahan rempah yaitu jahe dan cengkih. Kemudian dikombinasikan dengan minyak zaitun dan kapsul vitamin E.

beauty vlogger ini bagikan cara atasi rambut rontok
© 2024 YouTube/Hair Transformation

Jahe memiliki sifat pemanas yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sirkulasi darah yang baik dapat membantu memperkuat akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Dilansir dari hindustantimes.com, Senin (13/5), jahe mengandung antioksidan seperti gingerol dan zingerone yang membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan di kulit kepala, sehingga dipercaya menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

Kandungan eugenol pada cengkih ampuh jaga kesehatan rambut.

Cengkih mengandung senyawa aktif bernama eugenol, yang memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Semua kandungan tersebut dapat membantu membersihkan kulit kepala dari bakteri dan jamur, yang dapat menyebabkan masalah kulit kepala dan rambut rontok. Kombinasi sifat antiseptik dan antiinflamasi membantu menyehatkan folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Rambut jadi kuat dan lembap dengan minyak zaitun dan kapsul vitamin E.

Minyak zaitun kaya akan asam lemak dan vitamin E yang membantu melembapkan kulit kepala dan batang rambut. Semua kandungan tersebut juga dapat membantu mengurangi kekeringan dan kerusakan rambut, serta meningkatkan elastisitas. Sedangkan kandungan antioksidan dalam minyak zaitun membantu melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan lingkungan dan polusi.

Vitamin E adalah antioksidan yang kuat yang membantu memperbaiki jaringan kulit dan memperkuat folikel rambut. Kandungan ini dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala, yang merupakan kunci untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Vitamin E juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang dapat membantu mengoptimalkan penyediaan nutrisi ke akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas dipercaya rambut rontok bisa tumbuh sehat dan kuat. Lantas bagaimana cara membuat hair oil untuk atasi rambut rontok? Simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @Hairtransformation, Senin (13/5).

Bahan:

foto: YouTube/@Hairtransformation

- 1 ruas buah jahe
- 1 sendok makan cengkih
- 1 sendok makan minyak zaitun
- 1 kapsul vitamin E.

Cara membuat:

foto: YouTube/@Hairtransformation

1. Potong jahe dengan ukuran kecil
2. Masukkan ke dalam blender
3. Tambahkan dengan cengkih
4. Tuangkan minyak zaitun
5. Haluskan semua bahan
6. Tuangkan ke dalam wajan dan masak hingga kecokelatan
7. Tuangkan pada wadah baru, sembari disaring
8. Campurkan dengan vitamin E
9. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@Hairtransformation

1. Teteskan pada rambut hingga merata
2. Pijat selama beberapa menit
3. Tunggu hingga 15 menit
4. Bilas rambut menggunakan sampo dan air biasa
5. Ulangi penggunaan trik ini secara rutin agar rambut tumbuh lebat dan sehat.