Nggak perlu beli hair powder, ini trik atasi kulit kepala berminyak cuma pakai 2 bahan makanan

1 Juli 2023 21:01 WIB

Brilio.net - Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang menginginkan rambut yang terlihat sehat dan indah. Pasalnya, rambut yang sehat tidak hanya membuat penampilan menjadi lebih menarik, tetapi juga jadi tanda bahwa orang tersebut terlihat pandai menjaga diri secara keseluruhan. Makanya, nggak heran kalau banyak orang yang rela menghabiskan waktu hingga berjam-jam demi menata rambut.

Namun begitu, tidak semua orang beruntung memiliki rambut yang sehat secara alami. Tak berbeda dengan kulit wajah, rambut juga sering mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering dialami banyak orang adalah kulit rambut yang berminyak akibat produksi sebum berlebihan di area tersebut. Kondisi ini bisa disebabkan beberapa hal seperti pengaruh genetik, perubahan hormonal, stres, dan polusi.

Efeknya, kulit kepala yang berminyak akan membuat rambut terlihat lepek dan kurang segar, sehingga dapat mengganggu penampilan dan menjadi penyebab ketidaknyamanan. Bahkan, kulit rambut yang berminyak juga dapat menjadi tempat ideal bagi kuman dan bakteri untuk tumbuh, sehingga dapat menyebabkan masalah kulit kepala lain seperti ketombe dan iritasi.

Akan tetapi, nggak usah bingung jika dihadapkan masalah ini. Soalnya, kamu bisa mengandalkan beberapa bahan dapur sebagai solusi. Trik juga bisa cepat dilakukan jika kamu tidak memiliki banyak waktu membersihkan rambut. Caranya ini ditunjukkan oleh pengguna Instagram @beglamrs melalui unggahannya yang dilansir oleh briliobeauty.net pada Sabtu (1/7).

Dalam video tersebut, pemilik akun membagikan trik mengatasi kulit kepala berminyak dengan memanfaatkan dua bahan makanan, yakni tepung beras dan bubuk cokelat sebagai bahan utamanya. Lewat unggahan tersebut pun, pemilik akun memperlihatkan cara memanfaatkan kedua bahan tersebut jadi sampo.

foto: freepik.com

Meskipun sering digunakan sebagai dasar makanan, nyatanya tepung beras memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah rambut. Pasalnya, bubuk tepung beras mengandung sifat adsorben yang dapat membantu menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala. Tepung beras juga mengandung vitamin B kompleks dan mineral seperti selenium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit rambut.

foto: freepik.com

Sementara itu, bubuk cokelat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan polifenol. Kandungan ini dapat bekerja membantu melindungi kulit kepala dari radikal bebas dan menjaga keseimbangan minyak alami pada rambut. Selain itu, bubuk cokelat juga bikin kepala dan rambut kamu jadi berbau harum, lho.

Lalu, bagaimana sih cara memanfaatkan kedua bahan di atas untuk mengatasi masalah rambut tadi? Yuk, simak cara membuatnya, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram/@beglamrs pada Sabtu (1/7).

Alat dan bahan:

foto: Instagram/@beglamrs

1. 2 sendok makan bubuk cokelat
2. 2 sendok makan tepung beras
3. 1 wadah mangkuk kecil
4. 1 kuas makeup besar

Cara membuat:

foto: Instagram/@beglamrs

1. Campurkan masing-masing 2 sendok makan bubuk tepung beras dan bubuk cokelat dalam mangkuk kecil
2. Aduk kedua bahan hingga tercampur secara merata
3. Ambil sejumput bedak rambut menggunakan kuas kosmetik
4. Aplikasikan bubuk tersebut secara perlahan pada kulit kepala, fokuskan pada area yang cenderung berminyak
5. Ratakan bedak rambut dengan lembut menggunakan ujung jari atau kuas kosmetik sembari memijat kulit kepala setelahnya
6. Biarkan bedak rambut meresap selama beberapa menit, kemudian hapuslah sisa bubuk tersebut setelahnya
7. Gunakan bedak rambut ini setiap kali rambut terasa berminyak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Glamrs (@beglamrs)

(brl/mal)