Nggak perlu beli hair serum mahal, ini trik atasi kerontokan dan ketombe pakai 2 jenis rempah

14 Juli 2023 15:10 WIB

Brilio.net - Setiap orang tentunya memiliki gaya rambut andalan yang sering digunakan untuk menunjang penampilan kesehariannya. Ada yang memiliki preferensi gaya rambut dengan potongan pendek sederhana, mengikuti gaya artis tertentu, hingga yang lebih menyukai gaya eksperimental dengan warna yang nyentrik. Bagaimanapun, memiliki gaya rambut yang tepat dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang walau kesan orang lain memang bisa berbeda-beda.

Akan tetapi, sebagus apapun gaya rambut, hal ini tentunya menjadi tidak penting ketika rambut mengalami masalah seperti ketombe dan kerontokan. Munculnya masalah ini seringkali dipicu kondisi kulit kepala yang terlalu kering atau terlalu berminyak.

Ketika kulit kepala mengering, sel-sel kulit mati cenderung menumpuk dan mengelupas sehingga menyebabkan ketombe. Sebaliknya, produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous di kulit kepala dapat memicu pertumbuhan jamur Malassezia yang bisa menyebabkan iritasi serta produksi sel kulit mati berlebihan. Bahkan, kondisi seseorang seperti stres berlebih dan pola makan yang tidak sehat juga dapat menimbulkan masalah di atas.

Saat ini, memang ada banyak sekali produk rambut yang diformulasikan untuk mengatasi ketombe dan kerontokan sekaligus. Namun selain harga produk yang bagus justru cenderung mahal, beberapa orang bisa mengalami ketidakcocokan akibat pengaruh bahan-bahan kimia yang malah bisa memperparah kondisi.

Sebagai solusi alternatif, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang dapat dengan mudah kamu temukan dalam keseharian. Salah satunya dengan menggunakan kulit bawang bombay dan jahe, sebagaimana diperagakan lewat akun Instagram @thebrendaokolocha, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (13/7).

kerontokan dan ketombe
freepik.com

Kulit bawang bombay pada dasarnya kaya akan senyawa sulfur, flavonoid, dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut. Senyawa sulfur dapat membantu melawan infeksi dan menjaga keseimbangan pH kulit kepala. Selain itu, flavonoid dan antioksidan dalam kulit bawang bombay membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sebagai salah satu unsur penting dalam mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

kerontokan dan ketombe\
freepik.com

Di sisi lain, kulit jahe juga memiliki manfaat yang signifikan dalam perawatan rambut. Kandungan zat-zat antiinflamasi dan antiseptik, secara aktif membantu mengurangi peradangan di kulit kepala dan menjaga kebersihannya dari faktor-faktor seperti penumpukan sel kulit mati dan polusi luar. Apalagi, kandungan antioksidan dalam kulit jahe juga efektif membantu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Nah, kedua rempah yang kaya dengan komponen berkhasiat ini bisa kamu manfaatkan dengan cara mengubah kedunya menjadi hairspray melalui beberapa langkah berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 buah bawang bombay
2. 2 buah jahe
3. Botol spray kosong yang telah dibersihkan

Langkah pengerjaan:

kerontokan dan ketombe
Instagram/@thebrendaokolocha

1. Persiapkan bawang bombay dan jahe masing-masing 2 buah, lalu kupas dan pisahkan kulitnya
2. Cucilah kulit keduanya dengan air mengalir selama beberapa saat hingga terasa bersih
3. Rebus air bersama dengan kulit bawang bombay dan jahe secara bersamaan selama 5 menitan hingga warnanya berubah menjadi coklat pekat
4. Setelah beberapa saat, saringlah air rebusan tersebut dan pisahkan dari kulit-kulit tadi

kerontokan dan ketombe
Instagram/@thebrendaokolocha

5. Masukkan air saringan tersebut ke dalam botol spray yang telah disiapkan sebelumnya
6. Semprotkanlah air racikan ini secara merata pada kulit kepala dan rambut sembari dipijat selama beberapa saat
7. Diamkanlah selama minimal 10 menit. Jika ada, tutuplah rambut tadi dengan shower cap
8. Apabila waktu telah habis, bilaslah rambut dengan bersih dan lanjutkan dengan penggunaan sampo seperti biasa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Brenda Chinemelu Okolocha (@thebrendaokolocha)

(brl/ola)