Punya rambut rapuh nekat pakai produk pelurus, kisah wanita ini berakhir nyesek

10 Juli 2024 14:10 WIB

Brilio.net - Punya rambut rapuh memang dapat menurunkan kepercayaan diri. Rambut dikatakan rapuh jika cepat kering, mudah kusut, kaku, kusam, mudah patah, dan bercabang di ujung. Tak hanya itu saja, rambut juga jadi mudah rontok hingga berakibat pada kebotakan.

Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari jika rambutnya sedang dalam kondisi rapuh, sehingga rambut jadi kurang perawatan dan berakhir dengan kerusakan. Bahkan tak jarang, banyak orang yang melakukan styling rambut saat kondisi rambutnya rapuh.

Padahal, sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan rambut setiap saat. Karena sebelum memutuskan untuk melakukan treatment baru, seperti mewarnai rambut, meluruskan rambut, atau mencoba permanent blow, harus dipastikan bahwa rambut dalam kondisi prima. Jika rambut rapuh tapi dipaksa melewati proses kimia, bukan jadi cantik tapi rambutmu malah bisa jadi rusak berat.

Seperti kisah yang dialami oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @cunmi.inhere, yang punya rambut rapuh tapi nekat pakai produk pelurus rambut. Alhasil rambutnya jadi rontok parah hingga mengalami kebotakan.

foto: TikTok/@cunmi.inhere

"Jadi rambut aku sudah lurus dan niat hati pake Makarizo biar ga ngembang aja, tapi ternyata tipe rambut aku lurus tipis mungkin rambutku ga kuatt," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @cunmi.inhere, Rabu (10/7).

Kisahnya berawal saat sang pemilik akun yang diketahui bernama Cunmi tersebut merasa jika rambutnya ngembang, dan memutuskan menggunakan produk pelurus rambut. Padahal saat itu, rambutnya sudah dalam kondisi lurus dan tipis.

Perlu diketahui bahwa penggunaan produk pelurus rambut umumnya melalui beberapa step. Saat step pertama, Cunmi sudah merasakan perubahan pada rambutnya. Bukannya lurus, tapi malah putus-putus dan bertekstur seperti karet. Alih-alih berhenti karena rambutnya mulai rusak, Cunmi malah melanjutkan step selanjutnya.

foto: TikTok/@cunmi.inhere

"Disini aku sangat ceroboh, di step1 rambut aku udah kaya karet dan putus2 tapi malah aku lanjut buat pake step2 nya," ungkap Cunmi.

Pasalnya, melalui video unggahannya yang lain, Cunmi merasa jika rambutnya sehat karena tidak pernah melakukan bleaching atau mewarnai rambut dan setahun tidak menggunakan catokan.

"Heyyy aku juga bingung kenapa bisa berubah warna, aku juga baru engeh pas pakai step ke2 itu panas banget sampe rasa kebakar dan tetiba berubah warna dan rambut jadi karet," kata Cunmi.

foto: TikTok/@cunmi.inhere

Alhasil, rambutnya jadi rapuh, patah, dan rontok sangat parah. Bahkan saat disisir pun rambutnya terlepas begitu saja dan menempel di sisir. Tak hanya itu, bagian belakang kepalanya juga mengalami kebotakan, karena obat pelurus rambut tersebut sempat terkena area kulit kepalanya. Padahal, penggunaan obat pelurus tidak dianjurkan untuk mengenai kulit kepala.

"Jujur disini aku frustasi banget bingung dan nangis teruss, ini sengaja aku pake bawahnya doang tapi ternyata kulit kepala belakang aku kena obatnya dan kalian tau apa? Yappp, rambutku patah dr akar rambut dan jadi kondisinya kepala bagian belakang aku botak," jelas Cunmi.

foto: TikTok/@cunmi.inhere

Setelah mengetahui rambutnya jadi rusak parah, Cunmi akhirnya memutuskan untuk memotong bagian bawah rambut yang bertekstur seperti karet. Ini dilakukan untuk membuat kerusakan rambutnya tidak semakin parah.

Melalui kisah Cunmi, dapat diambil pelajaran bahwa sebelum melakukan treatment rambut menggunakan produk kimia, pastikan jika rambut kamu benar-benar sehat. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengikuti langkah-langkah yang tepat sesuai dengan anjuran penggunaan produk yang akan digunakan. Nah, untuk mencegah kerusakan terjadi, pastikan untuk merawat rambut dengan ekstra, menggunakan hair oil, serum rambut, hair mask, serta kondisioner.

foto: TikTok/@cunmi.inhere

Kisah nyesek Cunmi tersebut langsung viral, bahkan sampai saat ini videonya sudah ditonton sebanyak 13 juta kali, dan menuai berbagai komentar dari warganet.

"Cara pemakaiannya mungkin belum pas atau memang ga cocok untuk rambut kakak,soalnya aku make makarizo bagus kok," kata akun @yessypds.

"pake minyak kemiri aja kak aku dulu pernah gitu sampe rambut tipis banget," ungkap akun @xlitah.

"aku pake gpp kok, mungkin kakanya aja slah pake," celetuk akun @p10lling.

(brl/far)