Rambut hitam tanpa masker cengkeh, ini trik mengatasi uban akibat faktor usia cuma pakai 1 jenis sayur

08 / 11 / 2023 10:10 WIB

Brilio.net - Uban memang menjadi salah satu tanda saat seseorang mulai menua. Biasanya tumbuhnya rambut putih ini mulai muncul saat seseorang berusia 35 tahun, dan akan semakin banyak seiring bertambahnya usia. Uban sendiri merupakan kondisi di mana rambut kehilangan pigmen alaminya, sehingga tumbuh menjadi helaian putih keabu-abuan.

Hal ini terjadi karena saat seseorang menua, produksi melanin yang menjadi pigmen alami rambut akan mulai mengalami penurunan. Selain faktor usia, sebenarnya ada banyak faktor lain yang memicu munculnya uban. Seperti hormon, stres, genetik, gaya hidup, dan faktor lingkungan. Meski begitu, faktor usia adalah penyebab umum yang memicu munculnya uban.

Bagi beberapa orang, munculnya uban cukup mengganggu penampilan. Sehingga tak jarang banyak yang berusaha mencegahnya tumbuh lebih banyak, hingga menghitamkan atau menyamarkan uban dengan berbagai cara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Rambut hitam tanpa masker cengkeh, karena pemilik akun TikTok @ruslichristiancel pada 27 Desember 2022, justru hanya memakai 1 jenis sayur untuk mengatasi tumbuhnya uban karena faktor usia.

Sayur yang dimaksud adalah bayam. "resep alami atasi uban," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ruslichristiancel, Rabu (8/11).

foto: freepik.com

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal ini berkat kandungan zat besi di dalamnya. Selain itu, ternyata bayam juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi uban akibat faktor penuaan lho. Melansir dari gaizupath.com, bayam jadi salah satu sayuran yang bisa mengatasi masalah uban.

Bukan tanpa alasan, karena bayam juga kaya akan kandungan beta karoten dan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas yang tidak segera diatasi bisa memicu kerusakan sel-sel tubuh. Radikal bebas ini juga bisa jadi penyebab munculnya uban.

Selain itu, bayam bahkan diperkaya dengan vitamin C yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Rambut yang tercukupi nutrisi vitamin C-nya bisa mencegah kemunculan uban dan kerontokan rambut. Vitamin C juga dipercaya mampu memperkuat akar rambut supaya tidak mudah rontok.

Vitamin B9 dan vitamin B12 akan berperan dalam pembentukan sel darah merah dan membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Sirkulasi darah yang sehat pada kulit kepala bisa mengedarkan nutrisi tubuh ke kulit kepala dengan baik. Alhasil, kulit kepala yang peredaran darahnya lancar akan semakin sehat dan mencegah tumbuhnya uban.

foto: TikTok/@ruslichristiancel

Hanya dengan bayam saja kamu bisa membuat masker rambut yang efektif untuk mengatasi uban dan mencegahnya tumbuh lebih banyak. Yuk, simak cara membuat dan memakainya.

Bahan:

1. Segenggam daun bayam
2. Air secukupnya

foto: TikTok/@ruslichristiancel

Cara membuat dan memakai:

1. Petik daun bayam segar kemudian cuci sampai bersih
2. Tumbuk atau blender daun bayam hingga halus
3. Pindahkan kedalam wadah bersih dan tambahkan sedikit air
4. Aduk-aduk sampai merata kemudian saring dan ambil airnya
5. Oleskan pada lengan dan biarkan beberapa saat untuk memastikan tidak menimbulkan iritasi
6. Jika dirasa aman, aplikasikan masker bayam pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
7. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air saja
8. Lakukan cara ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut hitam bebas uban.