Rambut jadi lebih kuat, ini cara bikin hair tonic untuk atasi kerontokan pakai 1 jenis daun

28 / 05 / 2024 12:11 WIB

Brilio.net - Rambut rontok adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi siapa saja, baik pria maupun wanita. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari genetik, stres, pola makan yang buruk, hingga perawatan rambut yang tidak tepat. Salah satu solusi yang banyak digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah hair tonic.

Berbicara mengenai hair tonic, hair care satu ini merupakan produk yang digunakan menutrisi kulit kepala dan folikel rambut, memperkuat akar rambut, dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Biasanya hair tonic ini dibuat dengan bahan-bahan alami yang dapat mengurangi produksi sebum berlebih yang bisa menyumbat folikel dan menyebabkan rambut rontok.

Tak hanya ginseng saja yang bisa mengatasi rambut rontok, namun daun salam juga punya fungsi sama. Melansir dari healthshots.com, Selasa (15/5) daun salam yang biasanya dikenal sebagai bumbu masak juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk untuk perawatan rambut. Kandungan nutrisi dan sifat-sifat yang dimiliki daun salam menjadikannya efektif dalam mengatasi masalah rambut rontok.

Daun salam mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu memperkuat akar rambut. Dengan akar rambut yang lebih kuat, risiko rambut rontok dapat diminimalkan. Penggunaan daun salam dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Peningkatan aliran darah membantu folikel rambut mendapatkan lebih banyak nutrisi dan oksigen, yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Daun salam memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal. Kondisi kulit kepala yang sehat adalah dasar untuk rambut yang kuat dan sehat. Selain itu, daun salam mengandung vitamin dan mineral dapat menutrisi dan melembapkan rambut, sehingga rambut menjadi lebih sehat dan tidak mudah patah.

Sementara itu, daun salam dapat membantu mengatur produksi minyak di kulit kepala. Kulit kepala yang terlalu berminyak dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Hanya dengan menggunakan daun salam rambut bisa tumbuh lebih sehat dan lebat. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan daun salam? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @miftach_, Selasa (28/5).

Bahan:

foto: Instagram/@miftach_

- 3 lembar daun salam
- 200 ml air putih.

Cara membuat:

foto: Instagram/@miftach_

1. Siapkan panci bersih
2. Masukkan daun salam pada panci
3. Tuangkan air putih
4. Rebus selama 10 menit dengan api sedang
5. Angkat air rebusan dan dinginkan
6. Tuangkan pada botol spray dan tutup rapat
7. Dengan begitu hair tonic dari bahan alami sudah bisa kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@miftach_

1. Semprotkan hair tonic pada kulit kepala
2. Pijat-pijat selama beberapa menit
3. Tunggu selama 10 hingga 15 menit
4. Bilas menggunakan air biasa dan sampo
5. Gunakan hair tonic ini setiap hari agar akar rambut kuat dan bebas rontok.

Bahan hair tonic pencegah rambut rontok.

 

Produk hair tonic memang selalu diandalkan saat rambut seseorang rontok agar akar rambut lebih kuat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut ada sejumlah bahan yang punya peran penting agar rambut tak gampang rontok.

Salah satu bahan aktif yang paling terkenal dan efektif untuk mengatasi rambut rontok adalah minoxidil. Bahan aktif ini bekerja dengan merangsang folikel rambut untuk meningkatkan fase pertumbuhan rambut.

Selain itu, ekstrak seperti ginseng, lidah buaya, dan rosemary sering ditemukan dalam hair tonic karena sifatnya yang mampu merangsang pertumbuhan rambut dan menutrisi kulit kepala. Kandungan lain yaitu vitamin B7 atau biotin dikenal membantu memperkuat rambut dan kuku. Penggunaan hair tonic yang mengandung biotin dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by (@miftach_)