Rambut kembali hitam tanpa semir dan urang-aring, begini trik atasi uban hanya pakai 1 jenis daun

23 November 2023 10:10 WIB

Brilio.net - Uban adalah masalah rambut yang biasanya muncul saat seseorang berusia 30 tahun ke atas. Uban sendiri merupakan tumbuhnya helaian rambut tanpa mendapatkan pigmen warna, sehingga rambut akan memiliki warna putih keabu-abuan. Kondisi ini terjadi karena menurunnya zat melanin sebagai pigmen alami rambut seiring bertambahnya usia.

Meski begitu, terkadang uban juga bisa tumbuh pada orang yang masih muda. Kemunculan uban yang belum waktunya ini disebut dengan uban prematur. Beberapa faktor yang menjadi pemicu munculnya uban di usia muda adalah genetik, stres, perawatan rambut yang salah, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Walaupun uban ini tidak menyebabkan bahaya bagi kesehatan. Namun munculnya uban ini membuat sejumlah orang tidak nyaman dan kurang percaya diri karena penampilan yang dinilai tidak menarik. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang menutupi uban dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang sering digunakan adalah menghitamkan rambut menggunakan pewarna. Cara yang satu ini sebenarnya tidak masalah jika digunakan. Namun, penggunaan cat yang terlalu sering bisa membuat rambut menjadi rusak.

Untuk menghitamkan rambut beruban, kamu bisa lho menggunakan satu jenis daun yaitu pepaya. Daun pepaya ternyata tidak hanya berguna untuk kesehatan saja. Kandungan berupa vitamin C dan E, serta antioksidan di dalamnya bisa melindungi rambut dari radikal bebas, mengatasi rambut beruban, dan menjaga kelembapan.

foto: freepik.com

Jenis antioksidan dalam daun pepaya antara lain adalah saponin karoten, enzim papain, dan chymopapain. Antioksidan ini sangat penting bagi tubuh, karena dapat berguna untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan kerusakan sel hingga stres oksidatif. Stres oksidatif menjadi salah satu penyebab munculnya uban dini, rambut rontok dan sulit tumbuh.

Itulah manfaat dari daun pepaya yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara menggunakan daun tersebut untuk perawatan rambut? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna TikTok @nur.indahsaleh, yang telah briliobeauty.net lansir pada Kamis (23/11).

Bahan-bahan:

foto: TikTok/@nur.indahsaleh

1. 1 Buah daun pepaya
2. 1/2 Gelas air bersih

Cara membuat:

foto: TikTok/@nur.indahsaleh

1. Cuci terlebih dahulu daun pepaya tersebut
2. Potong daun pepaya menjadi kecil-kecil
3. Tumbuh hingga halus daun pepaya
4. Tambahkan 1/2 gelas air bersih
5. Lalu, oleskan daun pepaya tersebut pada permukaan rambut
6. Bilas rambut dengan sampo.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan cara ini dua kali dalam seminggu. Sementara itu, unggahan video trik tersebut pun menarik perhatian hingga mendapatkan 845 like dari pengguna TikTok.

(brl/mal)