Rambut megar jangan di-smoothing, trik styling rambut ngembang ini potret before after bikin pangling

9 Agustus 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Masalah rambut ngembang adalah tantangan umum yang dihadapi banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki rambut keriting atau bergelombang. Rambut ngembang atau frizzy sering kali disebabkan oleh kurangnya kelembapan dan kerusakan yang membuat rambut tampak tidak teratur dan sulit diatur.

Kerusakan yang dimaksud adalah akibat penggunaan alat styling yang terlalu panas, pewarnaan, atau bahan kimia, serta paparan lingkungan seperti angin dan polusi. Nah, karena kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang, tak heran jika banyak yang mencari cara untuk mengatasi rambut mengembang.

Ada yang menggunakan produk hair care sendiri, ada juga yang memutuskan smoothing di salon kecantikan. Melakukan smoothing rambut memang menjadi cara instan jika ingin mendapatkan rambut yang terasa lembut dan mudah diatur. Namun sayangnya, melakukan smoothing terlalu sering justru berdampak buruk pada rambut lho. Pasalnya, rambut jadi mudah rontok dan rapuh karena efek obat smoothing yang digunakan.

Solusi lainnya, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @userrr.paf, yang membagikan trik styling rambut ngembang agar mudah diatur dan nggak megar.

trik styling rambut ngembang ini potret before after bikin pangling
TikTok/@userrr.paf

"Ikutin step ini untuk munculin tekstur tekstur rambut kamu biar makin bagus," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @userrr.paf, Kamis (8/8).

Step pertama, basahi rambut terlebih dahulu. Ini dilakukan agar produk hair care bisa terserap dengan optimal. Lebih lanjut, sisir rambut secara perlahan agar lebih mudah diatur dan tidak kusut. Setelah itu, gunakan leave on conditioner agar saat kering, rambut tetap lembut dan nggak ngembang.

trik styling rambut ngembang ini potret before after bikin pangling
TikTok/@userrr.paf

Aplikasikan leave on conditioner dari batang rambut hingga ujung rambut. Kemudian, gunakan curl cream untuk membuat tekstur keriting lebih terdefinisi. Scrunch atau remas-remas rambut dengan lembut setelah curl cream merata. Agar rambut tetap lembut dan mudah diatur, kamu bisa menambahkan hair gel.

trik styling rambut ngembang ini potret before after bikin pangling
TikTok/@userrr.paf

"Scrunch lagi sampai bunyi "ckckck" yaa," kata pemilik akun.

Terakhir, kamu bisa menggunakan hair diffuser untuk membuat rambut jadi lebih kering. Setelah itu, gunakan hair serum untuk membuat efek rambut lebih berkilau dan sehat. Usai melakukan berbagai perawatan tersebut, rambut pemilik akun auto mudah diatur dan anti ngembang. Bahkan potret before-afternya bikin pangling.

trik styling rambut ngembang ini potret before after bikin pangling
TikTok/@userrr.paf

(brl/ola)