Rambut tetap hitam di usia 35, ini cara membuat minuman pencegah uban prematur pakai 1 jenis sayuran

17 November 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Uban prematur adalah kondisi tumbuhnya rambut putih pada seseorang yang masih muda. Biasanya remaja atau orang yang berusia di bawah 35 tahun kerap mengalami masalah ini. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya uban prematur, seperti genetik, perubahan hormon, perawatan rambut yang salah, kurangnya nutrisi, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Kondisi ini terjadi karena melanin dan kolagen sebagai pigmen alami pemberi warna rambut mengalami kelunturan. Regenerasi folikel rambut juga terhambat, sehingga rambut tumbuh tanpa pigmen alaminya. Ini juga bisa disebabkan oleh residu yang menempel di kulit kepala.

Adanya uban prematur dapat menurunkan kepercayaan diri. Karena seseorang akan tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Wajar saja banyak orang mencari cara untuk mencegah tumbuhnya uban prematur. Tak sedikit yang menggunakan hair care guna menutrisi rambut dan mencegah uban. Kamu juga bisa memaksimalkan perawatan rambut dan kulit kepala dengan mengonsumsi minuman pencegah uban prematur.

Seperti unggahan dari akun TikTok @ig_ucipikaboo pada 26 Februari 2023, yang membagikan tentang cara membuat minuman pencegah uban prematur pakai 1 jenis sayuran. Sayuran yang dimaksud adalah wortel.

"Masih muda udah uban-an??? Yuk rajin minum jus ini!" katanya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ig_ucipikaboo, Jumat (17/11).

Minuman pencegah uban
freepik.com

Wortel memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kulit dan rambut. Ini karena kandungan vitamin A dan E pada wortel yang efektif dalam membantu merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah uban prematur.

Selain itu, buah yang berwarna jingga ini juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan didalamnya juga mampu mencegah rambut rontok dan bercabang, menghilangkan ketombe, dan menjaga tingkat kelembapan rambut serta kulit kepala.

Minuman pencegah uban
TikTok/@ig_ucipikaboo

Hanya dengan wortel saja kamu dapat membuat minuman yang dipercaya mampu mengurangi dan mencegah tumbuhnya uban prematur. Rambut juga akan lebih subur dan bebas rontok. Ini cara membuatnya.

Bahan:

1. 2-3 batang wortel

Minuman pencegah uban
TikTok/@ig_ucipikaboo

Cara membuat:

1. Kupas wortel dari kulitnya kemudian cuci sampai bersih
2. Iris-iris wortel menjadi bagian lebih kecil
3. Masukkan wortel pada blender kemudian haluskan (kamu juga bisa memarutnya saja)
4. Saring wortel yang sudah dihaluskan dan ambil airnya saja
5. Tuangkan kedalam gelas, dan minuman pencegah uban bisa langsung kamu konsumsi
6. Minum jus ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan rambut yang tetap hitam di usia 35 tahun.

(brl/ola)