Sehat tanpa catokan, 7 trik mengeriting rambut pakai alat sederhana ini hasilnya bergelombang sempurna

22 / 04 / 2024 14:10 WIB

Brilio.net - Mempunyai penampilan kece pastinya tidak lepas dari pakaian yang digunakan, makeup, dan tatanan rambut. Dari ketiga hal tersebut mungkin gaya rambut memiliki peran yang cukup besar untuk mendapatkan tampilan yang menarik. Nah, untuk mendapatkan tatanan rambut yang antimainstream, biasanya banyak orang yang menggunakan alat styling seperti catokan. Tak hanya digunakan untuk meluruskan rambut saja, catokan bisa membentuk berbagai gaya seperti halnya keriting.

Memang catokan bisa menghasilkan rambut keriting dengan gelombang sempurna. Namun penggunaan catokan terlalu sering bisa membuat rambut kamu jadi rusak. Panas yang dihasilkan dari catokan ini menyebabkan rambut jadi kering, rapuh, dan bercabang. Agar rambut tetap sehat dan bebas rontok, kamu bisa menggunakan hair protection dan memakai pelembap.

Selain itu, kamu juga bisa menggantikan catokan dengan menggunakan alat-alat yang ada di rumah. Nah, ada beberapa alat dan trik yang bisa kamu gunakan untuk mengeriting rambut tanpa catokan. Penasaran bagaimana cara mengeriting rambut tanpa catokan? Yuk, simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/4).

1. Gunakan kaus kaki.

foto: YouTube/Desty Yufenti

Jika kaus kaki biasa dipakai untuk melindungi kaki sebelum pakai sepatu. Siapa sangka kaus kaki bisa digunakan untuk mengeriting rambut. Caranya yaitu pastikan rambut kamu dalam kondisi setengah kering. Lalu kuncir rambut menjadi dua bagian, gulung kaus kaki secara bersamaan, lalu ikat kencang. Tunggu selama tiga jam dan lepas. Dengan begitu rambut bisa keriting menggunakan kaus kaki.

2. Jepitan jedai.

foto: Freepik.com

Selain itu kamu juga bisa menggunakan jepitan jedai. Jedai atau biasa dikenal jepitan badai ini memiliki kegunaan utama untuk mencepol rambut. Namun selain digunakan untuk cepol, jedai ini bisa dipakai untuk mengeriting rambut. Caranya cukup gulungkan rambut ke dalam. Kemudian dijepit dengan jedai dan tunggu selama tiga jam. Setelah itu lepas dan rapikan rambut dengan sisir.

3. Kepang rambut.

foto: Freepik.com

Tanpa bantuan alat, kamu juga bisa mengeriting rambut dengan teknik kepang. Caranya cukup mudah, aplikasikan pelembap terlebih dahulu. Lalu kepang rambut dan diamkan selama satu malam. Setelah itu, pada pagi hari lepas kepang rambut. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan rambut keriting alami tanpa catokan.

4. Cepol rambut.

foto: Freepik.com

Selain kepang, kamu juga bisa menggunakan teknik cepol rambut untuk mengeriting rambut tanpa catokan. Untuk cepol rambut caranya dengan memelintir dan cepol longgar bagian rambut yang ingin dibuat keriting. Setelah itu, ikat dengan karet dan diamkan beberapa jam. Kemudian lepas ikatan, dengan begitu rambut jadi keriting alami. Agar rambut keriting awet, kamu bisa menyemprotkan hairspray.

5. Keriting rambut pakai pulpen.

foto: YouTube/@nouhailaait

Cara mengeriting rambut tanpa catokan berikutnya kamu bisa memanfaatkan alat tulis berupa pulpen. Caranya siapkan satu buah pulpen, kemudian ambil beberapa helai rambut. Setelah itu, posisikan pulpen di atas kepala. Kemudian, memasukan rambut di sela-sela tutup pulpen. Tahapan mengeriting rambut selanjutnya yaitu menggulung rambut mulai dari ujung bawah hingga ke atas.

Jika sudah sampai di atas, langsung memutarkan pulpen dan menarik rambut ke arah bawah secara perlahan. Setelah pulpen dilepas secara perlahan, rambut yang tadinya lurus berubah menjadi keriting. Agar rambut keriting sempurna lakukan trik ini pada seluruh rambut dan berulang kali.

6. Gunakan rol rambut.

foto: Freepik.com

Cara mengeriting rambut tanpa catokan yaitu gunakan rol rambut. Menggunakan rol rambut bisa menghasilkan gelombang keriting yang lebih halus dan rapi. Tidak hanya itu, cara mengeriting rambut menggunakan rol tidak bikin rambut kamu jadi rusak. Sementara itu, untuk cara menggunakan rol rambut ini cukup mudah. Ambil beberapa helai rambut dan gulungkan pada rol. Kemudian kunci rol rambut dan diamkan selama beberapa jam. Dengan begitu, rambut jadi keriting dan bergelombang.

7. Pin curls.

foto: YouTube/DunnLumber1907

Alat berikutnya yang bisa digunakan untuk mengeriting rambut tanpa catokan adalah pin curls. Cara ini bisa dilakukan dengan menggulung rambut sedikit demi sedikit. Kemudian dijepit menggunakan curls. Tunggu hingga beberapa jam. Setelah dirasa rambut sudah terbentuk, lepas pin curls. Agar rambut keriting awet, semprotkan hairspray.