Tak cuma cengkeh, ini cara atasi rambut botak karena rontok ala TikToker pakai tambahan 1 jenis minyak

17 / 06 / 2024 22:00 WIB

Brilio.net - Tak sedikit orang yang mengabaikan perawatan rambut, sehingga rambut jadi mudah rusak dan bermasalah. Rambut yang rusak ditandai dengan folikel rambut yang rapuh dan rontok berlebih. Padahal rambut rontok bisa dikatakan normal jika helaian yang gugur tidak lebih dari 100 helai per hari.

Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari jika rambutnya yang rontok sudah melebihi batas normal, dan berdampak pada rambut yang menipis hingga berakibat pada kebotakan. Bagian kepala yang rentan mengalami kebotakan adalah area sekitar dahi, kepala bagian atas, dan pinggir kepala. Kerontokan rambut umumnya akan dimulai dari dahi bagian pelipis atau di salah satu bagian atas rambut.

Ada berbagai penyebab rambut rontok berlebih yang berakibat pada kebotakan. Misalnya genetik, perubahan hormonal, penuaan, efek stres, kurangnya zat besi dan vitamin, gaya hidup yang tidak sehat, penyakit tertentu, hingga kebiasaan melakukan styling rambut menggunakan alat pemanas dan pewarna kimia.

Masalah kebotakan rambut akan membuat garis rambut jadi terlihat lebih jelas, sehingga dahi akan tampak lebih lebar dan kulit kelapa jadi tampak dengan jelas. Jika rambut rontok tak segera diatasi, maka rambut akan jadi tampak pitak. Kondisi ini merupakan kebotakan rambut pada area tertentu yang menyebabkan kondisi rambut menipis dan kulit kepala terlihat jelas. Hal ini pastinya akan mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Tak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk menumbuhkan rambut pada area yang botak agar rambut jadi lebih lebat dan sehat. Ada yang melakukan perawatan di salon kecantikan, menggunakan produk hair care, dan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu TikToker melalui akun pribadinya @adanwaimo pada 26 Januari 2022. Dalam videonya, ia membagikan cara atasi rambut botak karena rontok pakai cengkeh dan tambahan 1 jenis minyak. Minyak yang dimaksud adalah minyak zaitun.

"DIY Cloves oil for healthy hair growth (Minyak Cengkeh DIY untuk pertumbuhan rambut yang sehat)," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @adanwaimo, Senin (17/6).

foto: TikTok/@adanwaimo

Hanya dengan dua bahan saja kamu bisa membuat hair oil yang dipercaya mampu menumbuhkan rambut botak akibat rontok. Penggunaan yang rutin juga akan membuat rambutmu lebih lebat, berkilau, dan cepat panjang. Ini cara membuat dan menggunakannya.

foto: TikTok/@adanwaimo

Bahan:

- 3 sendok makan bubuk cengkeh (kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan menghaluskan 1 cup cengkeh sampai menjadi bubuk)
- 125 ml minyak zaitun (kamu juga bisa memakai minyak kelapa)

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Tutup wadah lalu panaskan menggunakan metode double boiling selama 20 menit.
4. Matikan kompor lalu diamkan sampai dingin.
5. Saring dan ambil minyaknya saja.

foto: TikTok/@adanwaimo

6. Aplikasikan pada bagian akar rambut dan pangkal rambut secara menyeluruh.
7. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap.
8. Diamkan selama semalaman untuk mendapatkan hasil yang optimal.
9. Bilas saat pagi harinya.
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang subur bebas botak.

Manfaat cengkeh untuk menumbuhkan rambut.

Tak hanya menjadi rempah-rempah biasa, cengkeh juga bisa membantu merawat kesehatan rambut dan kulit kepala, lho. Salah satu manfaatnya yaitu untuk mengatasi kerontokan dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan Tiongkok dan Ayurveda di India, tanaman asal Indonesia ini mengandung sifat antimikroba, antivirus, anestesi, antiparasit, dan antioksidan yang tinggi.

Kandungan senyawa eugenol di dalamnya dipercaya mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Tak hanya itu, kandungan beta karoten dan vitamin K pada cengkeh juga efektif untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel folikel rambut baru. Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya diklaim mampu menguatkan rambut, sehingga mampu mencegah kerontokan dan menumbuhkan rambut yang lebih sehat serta antirapuh.

Kandungan minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok berlebih.

Seperti dilansir dari Healthline, minyak zaitun mengandung antioksidan dan vitamin E yang efektif menyehatkan dan menyuburkan rambut. Bahkan bahan ini juga ampuh mengatasi berbagai permasalahan pada rambut dan kulit kepala. Ini berkat kandungan zat aktif lain seperti vitamin A dan K, serta asam lemak di dalamnya.

Selain vitamin A, E, dan K, minyak zaitun mengandung zat oleuropein. Kandungan ini dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut, sehingga rambut pun bisa tumbuh lebih cepat dan lebat. Asam lemak di dalamnya juga mampu memperkuat akar rambut dan membuatnya antirontok.