Tak cuma daun kari, ini trik bikin rambut bebas uban untuk waktu yang lama pakai 2 jenis rempah

31 Oktober 2023 05:00 WIB

Brilio.net - Salah satu tanda paling mencolok pada orang yang telah menua adalah munculnya uban. Rambut putih atau uban adalah sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya. Proses ini terjadi karena semakin umur bertambah, maka kemampuan rambut dalam memproduksi sel-sel melanosit yang membentuk pigmen warna juga semakin berkurang. Hal ini menyebabkan warna hitam pada rambut lama-kelaaman akan memudar dan kemudian bertukar menjadi putih keabu-abuan.

Meskipun acap dikaitkan dengan tanda penuaan, uban nyatanya juga dapat muncul bahkan di usia yang masih muda sekalipun. Selain faktor genetik, beberapa hal yang dapat memicu pertumbuhan uban ialah kekurangan nutrisi, kondisi stres berlebihan, serta kebiasaan merokok.

Minimnya asupan yang mengandung vitamin B12 dan tembaga, munculnya hormon kortisol pada keadaan stres, hingga senyawa nikotin dalam rokok dapat menganggu produksi melanin di kulit kepala sehingga berkontribusi pada pertumbuhan uban, bahkan sebelum fase penuaan.

Eits, walau begitu, kamu bisa lho memperlambat kemunculannya sekaligus memudarkan warna uban ini hanya menggunakan bahan-bahan alami saja. Tanpa produk kimia, kamu tetap bisa mencegah tumbuhnya uban untuk jangka waktu yang lama.

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran biji fenugreek, jintan hitam, dan daun kari, seperti diperagakan pemilik akun Instagram @beautywithsunanda0795 yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (31/10).

foto: freepik.com

Daun kari mengandung senyawa alkaloid seperti murrayakonin, girinimbin, dan girinimbine, yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. Selain itu, komponen beta-karoten di dalam daun ini juga berperan penting dalam mendukung pertumbuhan sel rambut baru yang sehat. Plus, daun kari juga mengandung zat besi yang membantu memastikan pasokan darah yang cukup ke folikel rambut sehingga dalam prosesnya akan mengurangi potensi pemutihan warna rambut.

foto: freepik.com

Biji fenugreek merupakan sejenis rempah yang kaya akan protein dan asam amino. Dua komponen ini berperan penting dalam menstimulasi peningkatan produksi melanin pada folikel rambut. Hal ini membuat biji fenugreek efektif dlam membantu menjaga warna asli rambut dan mengurangi munculnya uban.

foto: freepik.com

Jintan hitam (habbatusauda) adalah rempah yang kaya akan komponen thymoquinone. Komponen ini memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu melawan radikal bebas perusak melanin dalam folikel rambut. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3, vitamin B, dan mineral dalam jintan hitam dapat membantu menutrisi rambut, yang dalam prosesnya akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, mempromosikan kesehatan folikel rambut, dan mendorong produksi melanin.

Ketiga bahan di atas bisa dimanfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Daun kari secukupnya
2. 1 sendok makan biji fenugreek
3. 1 sendok makan jintan hitam
4. Blender
5. 2 gelas kecil air bersih
6. Botol spray kosong

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@beautywithsunanda0795

1. Letakkanlah panci atau wajan di atas kompor sembari dipanaskan dengan api sedang.
2. Masukkan daun kari kering secukupnya di atas wajan tersebut.
3. Tambahkan biji fenugreek dan jintan hitam masing-masing 1 sendok makan.
4. Panaskan dengan api sedang selama 2-3 menit.

foto: Instagram/@beautywithsunanda0795

5. Setelahnya, haluskan seluruh bahan tadi menggunakan blender hingga menjadi bubuk.
6. Rebus bubuk tersebut dengan api sedang bersama 2 gelas kecil air selama 5 menit.
7. Bila dirasa cukup, saring airnya dalam botol spray kosong.
8. Gunakan rutin 3 kali seminggu setiap malam hari, dan bilas keesokan paginya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by sunanda pradhan (@beautywithsunanda0795)

(brl/jad)