Tak perlu beli produk mahal, begini cara menumbuhkan brewok tipis pakai 1 jenis bumbu dapur

14 Juni 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Mempunyai brewok dianggap bisa membuat penampilan pria terlihat lebih macho dan cool. Namun sayangnya, tak semua pria memiliki brewok di wajahnya. Bahkan sebagiannya lagi hanya memiliki brewok yang tipis. Sebagian besar penyebab kumis cepat tumbuh memang didorong oleh hormon testosteron. Oleh sebab itu, memiliki testosteron yang rendah dapat memengaruhi pertumbuhan brewok menjadi sedikit.

Akan tetapi, tingkat testosteron yang dimiliki setiap individu dapat bervariasi. Selain itu, meski hormon testosteronnya normal, faktor genetik juga dapat berperan. Bahkan, kesehatan dan gaya hidup pun bisa memengaruhi pertumbuhan brewok atau jenggot. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan untuk menumbuhkan brewok yang lebat di wajahmu.

Tak heran, banyak pria yang berusaha menumbuhkan brewoknya sekalipun harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli produk penumbuh brewok. Padahal, ada alternatif lain untuk menumbuhkan brewokmu tanpa harus membeli produk mahal. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami guna merangsang pertumbuhan brewokmu yang tipis.

Salah satunya seperti video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @riyarashviya05 pada (1/4) lalu. Melalui video unggahan tersebut pemilik akun membagikan cara menumbuhkan brewok tipis pakai 1 jenis bumbu dapur. Bumbu dapur yang digunakan adalah bawang merah. Tak hanya bawang merah, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan castor oil.

foto: freepik.com

"Beard & moustache Growth Serum oil (Minyak Serum Penumbuh Jenggot & Kumis)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @riyarashviya05, Rabu (14/6).

Bawang merah memang sering membuat mata menjadi perih dan kemudian tampak sedang menangis. Tapi ternyata, bahan dapur yang satu ini bukan hanya untuk menyedapkan makanan tapi juga bermanfaat untuk dipakai sebagai salah satu bahan menyuburkan rambut. Tak terkecuali rambut brewok dan kumis pada wajah. Hal ini dikarenakan bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami.

Sulfur adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein. Sulfur ditemukan dalam asam amino, komponen dalam protein. Protein, terutama keratin, dikenal kaya akan kandungan sulfur yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Sedangkan minyak kelapa bisa dibilang efektif untuk merangsang dan mempercepat pertumbuhan brewok, serta mampu melindungi lapisan luar rambut berkat kandungan zat antibakteri dan antiradangnya. Tak terkecuali dengan castor oil yang juga bisa kamu manfaatkan untuk menumbuhkan brewok.

Minyak kastor didapat dengan cara mengekstraksi biji kastor (ricinus communis). Kandungan zat pada minyak kastor akan bekerja dengan cara menutrisi bagian folikel rambut. Jika ternutrisi dengan baik, maka secara otomatis pertumbuhan rambut juga ikut meningkat. Castor oil mengandung asam risinoleat dan asam lemak esensial Omega-6 yang mampu merangsang pertumbuhan brewok jadi lebih lebat.

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa menyimak cara mengolah serum untuk menumbuhkan brewok berikut ini.

foto: TikTok/@riyarashviya05

Bahan:

1. 1-2 siung bawang merah.
2. 1 sendok makan minyak kelapa.
3. 1 sendok makan castor oil.

Cara membuat:

1. Kupas bawang merah lalu cuci sampai bersih.
2. Parut bawang merah sampai halus.
3. Peras bawang merah hingga keluar sarinya.
4. Pindahkan sari bawang merah pada wadah lain lalu tambahkan minyak kelapa dan castor oil.
5. Aduk ketiga bahan sampai tercampur merata.
6. Tuangkan kedalam wadah penyimpanan.
7. Aplikasikan pada bagian wajah yang ingin ditumbuhkan brewok secara merata.
8. Gunakan serum ini secara rutin setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

foto: TikTok/@riyarashviya05

Cara menumbuhkan brewok tipis pakai 1 jenis bumbu dapur ini viral. Sampai artikel ditulis, videonya sudah dilihat sebanyak 88,4 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 3.400 likes.

(brl/wen)