Tak perlu tonic mahal, wanita ini bagikan cara tumbuhkan rambut pitak pinggir pakai 2 bahan dapur

13 / 05 / 2024 19:10 WIB

Brilio.net - Rambut merupakan 'mahkota' yang perlu dijaga kesehatan dan keindahannya. Pasalnya, rambut menjadi salah satu penunjang penampilan. Namun sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kesehatan rambut, sehingga banyak yang akhirnya mengalami berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan rambut yang dimaksud adalah rambut rontok hingga menyebabkan pitak dan kebotakan.

Pitak atau alopecia areata adalah kerontokan rambut yang menyebabkan kebotakan di beberapa area kepala. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kondisi ini, di antaranya faktor genetik, hormon, autoimun, gaya hidup yang kurang sehat, hingga stres. Rambut dapat tumbuh kembali di area yang pitak dalam hitungan bulan hingga tahun.

Umumnya, rambut yang tumbuh memiliki tekstur lebih halus. Warnanya juga lebih muda dibandingkan rambut lainnya, bahkan tak jarang ada rambut pitak yang tumbuh memiliki warna putih. Meski umumnya area pitak bisa ditumbuhi rambut kembali, sebagian kecil lainnya bisa botak secara permanen. Kondisi ini juga bisa terjadi pada pria maupun wanita pada usia berapapun.

Pitak bisa terjadi secara bertahap atau tiba-tiba. Selain menyebabkan terbentuknya botak pitak pada kulit kepala, alopecia areata juga dapat menyebabkan kebotakan pada satu area secara menyeluruh. Salah satu area kepala yang rentan mengalami pitak adalah area pinggir kepala atau atas dahi bagian pinggir.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu khawatir. Kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Tak perlu pakai hair tonic mahal, kamu juga bisa membuat produk perawatan rambut sendiri dengan bahan-bahan yang lebih murah dan mudah ditemukan. Bahkan hasilnya tak kalah efektif lho.

Seperti unggahan dari seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @curlycee2021 yang memakai 2 bahan dapur untuk menumbuhkan rambut pitak. Bahan dapur yang dimaksud adalah cengkeh dan daun salam.

foto: TikTok/@curlycee2021



Kandungan cengkeh untuk menumbuhkan rambut pitak.

Cengkeh dikenal memiliki manfaat menumbuhkan rambut pitak atau botak sekaligus mengurangi kerontokan. Ini berkat kandungan senyawa eugenol di dalamnya. Kandungan tersebut diklaim dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Tak hanya itu, kandungan beta karoten dan vitamin K pada cengkeh juga ampuh meningkatkan pertumbuhan sel-sel folikel rambut baru. Pasalnya, itulah pertumbuhan rambut jadi lebih lancar dan subur. Melansir Healthline, selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, cengkeh kaya akan antioksidan. Antioksidan-nya dipercaya dapat memperkuat akar rambut agar tak mudah rontok dan rapuh.

Manfaat daun salam untuk menyuburkan rambut.

Daun salam tak hanya dikenal sebagai daun penyedap masakan saja, tetapi juga efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut dan kulit kepala. Seperti rambut rontok, pitak, hingga permasalahan ketombe.

Dilansir dari flushinghospital.org, daun salam kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium yang mampu membersihkan kulit kepala dari ketombe. Kandungan vitamin di dalamnya juga akan menutrisi kulit kepala dan memperkuat folikel rambut agar rambut tumbuh lebih subur.

Dua bahan dapur tersebut efektif untuk menumbuhkan rambut pitak pinggir dan masalah yang berhubungan dengan rambut rontok. Tak hanya itu saja, penggunaan yang rutin juga akan melebatkan dan menguatkan akar rambut secara alami. Begini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @curlycee2021, Senin (13/5).

foto: TikTok/@curlycee2021

Bahan:

- 1-2 cup air
- Segenggam cengkeh
- 5-6 lembar daun salam

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan air pada panci
2. Tambahkan cengkeh dan daun salam
3. Masak sampai mendidih
4. Matikan kompor dan tunggu sampai dingin
5. Saring dam ambil air rebusannya saja
6. Pindahkan kedalam botol spray
7. Semprotkan pada bagian kepala yang mengalami pitak
8. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap
9. Diamkan selama semalaman lalu bilas saat pagi harinya
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

foto: TikTok/@curlycee2021