Tanpa andalkan hair tonic, beauty vlogger ini bagikan cara hentikan kerontokan pakai 1 sampah dapur

20 / 06 / 2024 20:10 WIB

Brilio.net - Kerontokan rambut yang berlebihan tidak hanya disebabkan oleh kurangnya perawatan ataupun vitamin dalam folikel. Namun rambut rontok juga bisa disebabkan oleh tubuh yang mengalami stress berlebih atau biasa disebut telogen effluvium.

Jenis kerontokan telogen effluvium memiliki beberapa tiga tahapan fase pertumbuhan rambut. Pertama, anagen (pertumbuhan) dalam fase ini rambut berada pada siklus pertumbuhan. Sel-sel pada bagian bawah folikel rambut membelah dengan cepat. Setelah itu rambut terbentuk dan keluar dari folikel dan memanjangkan batang rambut.

Melansir dari Cleveland Clinic, folikel rambut bisa tumbuh selama empat tahun. Setelah fase pertumbuhan, rambut masuk pada fase katagen atau istirahat. Dalam tahapan ini siklus pertumbuhan rambut mengalami kemunduran dan berhenti tumbuh sekitar 5%.

Kemudian masuk ke tahapan telogen atau kerontokan. Pada fase ini folikel rambut tidak mengalami pertumbuhan dan mengalami kerontokan pada waktu tertentu. Nah perlu kamu pahami pada fase telogen, effluvium telogen memengaruhi pertumbuhan rambut. Setelah mengalami stres, sebanyak 70% rambut dalam tahapan anagen memasuki fase telogen sebelum waktunya dan menyebabkan rambut rontok.

Agar kerontokan ini tidak semakin parah dan berujung pada kebotakan, kamu perlu menghentikannya. Tak perlu aplikasikan hair tonic, sebagai gantinya kamu bisa membuat hair spray dari sampah dapur yaitu kulit bawang merah.

Mendengar kulit bawang merah dijadikan hair spray, mungkin membuat kamu penasaran dengan cara membuat dan menggunakannya. Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak tutorial di bawah ini:

Bahan:

bagikan cara hentikan kerontokan
Instagram/@tranquil_life_wellness

- Kulit bawang merah
- 1 gelas air putih.

Cara membuat:

bagikan cara hentikan kerontokan
Instagram/@tranquil_life_wellness

1. Siapkan panci di atas kompor
2. Masukkan kulit bawang merah
3. Tuangkan air putih
4. Rebus semua bahan selama 10 menit dengan api kecil
5. Diamkan selama dua jam atau hingga dingin
6. Masukkan ke dalam botol spray dan tutup rapat dan hair spray bisa kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@tranquil_life_wellness

1. Rapihkan rambut kamu terlebih dahulu
2. Semprotkan hairspray secara keseluruhan
3. Pijat-pijat selama lima menit
4. Bilas menggunakan sampo dan air biasa
5. Gunakan hair spray ini secara rutin agar kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Manfaat kulit bawang merah untuk atasi kerontokan.

Kulit bawang merah yang biasanya kamu buang begitu saja, ternyata punya manfaat bagi kesehatan rambut lho. Melansir dari Only My Health, Kamis (20/6) kulit bawang merah dipercaya bisa mencegah rambut rontok berlebih. Hal ini dikarenakan adanya kandungan belerang yang mampu mendorong pertumbuhan rambut secara efektif. Adanya sulfur dalam bawang merah dipercaya meningkatkan kekuatan keratin pada rambut. Bahkan tak cuma itu, kulit bawang merah diklaim dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area kulit kepala. Hal inilah yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dengan baik.

Sementara itu, adanya kandungan vitamin C, E, dan A dalam bawang bisa memperkuat batang rambut. Kandungan vitamin C pada bawang juga dipercaya efektif untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe.