Tanpa baking soda, YouTuber ini bagikan cara atasi ketombe dengan mencampur sampo dengan 3 bahan dapur

14 / 05 / 2024 13:12 WIB

Brilio.net - Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang ditandai dengan pengelupasan kulit yang berlebihan. Walaupun munculnya ketombe tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, masalah ini menyebabkan kamu merasa tidak nyaman.

Mengingat serpihan ketombe yang jatuh pada baju, terlebih warna hitam bisa mengganggu penampilan kamu. Bahkan ketombe juga menyebabkan kulit kepala kamu jadi gatal. Tak heran jika sejumlah orang mencari cara atasi ketombe.

Namun sebelum mengatasi ketombe, kamu perlu sumber masalah kulit kepala ini. Langkah mengetahui penyebab munculnya ketombe ini penting, agar masalah serupa tak kamu alami lagi.

Nah, salah satu penyebab utama ketombe adalah dermatitis seboroik, kondisi yang menyebabkan kulit menjadi berminyak, merah, dan bersisik. Kulit kepala yang berminyak cenderung lebih mudah mengelupas dan menghasilkan serpihan ketombe. Penyakit ini juga dapat mempengaruhi area lain yang kaya kelenjar minyak seperti wajah, sisi hidung, alis, telinga, kelopak mata, dan dada.

Penyebab lainnya berasal dari jamur malassezia yang biasanya hidup di kulit kepala setiap orang. Pada beberapa orang, jamur ini dapat berkembang biak secara berlebihan dan menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Iritasi ini memicu sel-sel kulit kepala untuk beregenerasi lebih cepat dari biasanya, dan sel-sel kulit yang mati ini kemudian mengelupas sebagai ketombe.

Faktor lainnya berasal dari kebersihan rambut yang tidak terjaga dengan baik, seperti tak pernah keramas. Tidak mencuci rambut secara teratur dapat menyebabkan penumpukan minyak dan sel kulit mati di kulit kepala, yang dapat memicu munculnya ketombe. Mencuci rambut dengan frekuensi yang tepat membantu menjaga kulit kepala tetap bersih dan bebas dari penumpukan.

Agar kulit kepala kamu terbebas dari ketombe, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perawatan secara rutin. Salah satunya adalah mengoptimalkan penggunaan sampo dengan bahan-bahan alami, seperti yang dilakukan YouTuber @Pihuofficial08.

Dalam unggahan pada kanal YouTubenya, ia tampak mengoptimalkan sampo dengan mengkombinasikannya dengan tiga bahan dapur yaitu daun neem, bawang putih, bubuk kunyit, dan jeruk nipis. Daun neem memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang efektif melawan jamur Malassezia, penyebab utama ketombe.

Neem memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi iritasi dan gatal pada kulit kepala. Neem membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran dan minyak berlebih, yang dapat memicu ketombe.

Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi infeksi kulit kepala yang menyebabkan ketombe. Kandungan allicin dalam bawang putih memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi iritasi dan gatal.

Kurkumin pada kunyit dan asam sitrat jeruk nipis bantu hempaskan ketombe.

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala. Kunyit juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang membantu melawan infeksi kulit kepala. Kunyit membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan, yang dapat mencegah ketombe.

Asam sitrat dalam jeruk nipis membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala, yang dapat memicu ketombe. Sifat antijamur dari jeruk nipis membantu melawan infeksi jamur penyebab ketombe. Jeruk nipis membantu membersihkan kulit kepala dari sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyebabkan ketombe.

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan untuk atasi ketombe, apakah kamu tertarik menggunakan ramuan tersebut? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @Pihuofficial08, Selasa (14/5).

Bahan:

foto: YouTube/@Pihuofficial08

- 5 lembar daun neem
- 5 siung bawang putih
- 2 sendok makan bubuk kunyit
- 1 cup air putih
- 1 sachet sampo
- 1/2 perasan jeruk nipis.

Cara membuat:

foto: YouTube/@Pihuofficial08

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Masukkan daun neem ke dalam mangkuk
3. Tambahkan dengan bawang putih
4. Tuangkan bubuk kunyit
5. Tuangkan air putih
6. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih
7. Jika sudah angkat dan diamkan hingga suhu ruang
8. Tuangkan ke dalam wadah baru, sembari disaring
9. Campurkan dengan satu sachet sampo dan perasan jeruk nipis
10. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
11. Kombinasi sampo siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@Pihuofficial08

1. Gunakan ramuan tersebut untuk mencuci rambut
2. Pijat-pijat kulit kepala selama beberapa menit
3. Bilas menggunakan air bersih
4. Gunakan trik ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.