Tanpa bawang dan jintan hitam, ini trik lawan uban prematur tumbuh cepat pakai 1 jenis bunga

3 November 2023 08:25 WIB

Brilio.net - Munculnya uban di kepala merupakan salah satu tanda terjelas bahwa proses penuaan tubuh sedang berlangsung. Uban atau rambut putih, biasanya muncul di kepala seseorang seiring bertambahnya umur, terutama ketika memasuki usia 40-an. Namun begitu, terkadang uban juga bisa muncul pada orang yang masih muda sekalipun.

Penyebab utama kemunculan uban adalah penurunan kemampuan rambut dalam memproduksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut. Seiring bertambahnya usia, biasanya fungsi anggota tubuh akan mengalami banyak penurunan. Pada rambut, hal ini terjadi dengan berkurangnya tingkat produksi melanin, sehingga menyebabkan rambut kehilangan warna aslinya dan berubah menjadi putih.

Selain bertambahnya usia, terdapat beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi kemunculan uban. Merokok, misalnya, dapat merusak folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok dan beruban akibat kandungan nikotin di dalamnya. Beberapa kondisi medis seperti vitiligo, yang menghentikan produksi pigmen pada kulit juga dapat berdampak pada warna rambut dan menyebabkan uban muncul bahkan di usia yang terbilang muda sekalipun.

Terlepas dari berbagai faktor penyebab tumbuhnya uban, tahu nggak sih kalau kamu sebenarnya bisa memperlambat dan memudarkan uban yang tumbuh? Bukan pakai produk khusus yang banyak dijual di pasaran, karena kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang penuh khasiat.

Ya, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang bisa menutrisi rambut agar menunda pertumbuhan uban. Salah satunya seperti menggunakan tanaman kembang sepatu dan minyak kelapa, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari pemilik akun Instagram @_teshaeverafter_ pada Jumat (3/11)

foto: freepik.com

Bunga dan daun tanaman kembang sepatu memiliki banyak komponen bermanfaat seperti asam amino dan antioksidan dari asam askorbat dan flavonoid. Asam amino dalam bunga kembang sepatu dapat membantu memperkuat folikel rambut dan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat, sehingga membantu memperlambat munculnya uban. Sementara sifat antioksidan dari asam askorbat dan flavonoid, membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat stres oksidatif dan radikal bebas, sehingga membantu mempertahankan produksi melanin dalam folikel rambut.

foto: freepik.com

Minyak kelapa mengandung komponen asam lemak yang dapat menembus batang rambut dan memberikan nutrisi secara mendalam untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, minyak kelapa juga kaya akan vitamin E yang secara aktif membantu menjaga kelembapan alami rambut, mencegah kerusakan, dan meminimalkan risiko munculnya penuaan dini pada rambut. Hal ini dalam prosesnya akan membantu tumbuhnya rambut yang lebih sehat dan memperlambat kemunculan uban.

Kedua bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1-2 bunga kembang sepatu
2. 5-6 helai daun kembang sepatu
3. 1/2 mangkuk kecil minyak kelapa
4. Wadah kecil
5. Blender

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@_teshaeverafter_

1. Persiapkan blender terlebih dahulu.
2. Masukkan bunga dan daun kembang sepatu yang telah disiapkan ke dalam blender.
3. Tuangkan pula 1/2 mangkuk kecil minyak kelapa.
4. Haluskan seluruh bahan di atas dengan blender.
5. Setelahnya, aplikasikan campuran tersebut secara merata dimulai dari pangkal rambut hingga ujungnya.
6. Pijat campuran tersebut selama beberapa saat, lalu ikat rambut dan diamkan selama 30 menit.
7. Bila dirasa cukup, bilas menggunakan sampo hingga bersih dari sisa residu.
8. Gunakan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Disha | Tejas (@_teshaeverafter_)

(brl/jad)