Tanpa buah alpukat, ini trik bikin rambut minim uban walau di usia tua pakai 2 jenis rempah dapur

09 / 11 / 2023 05:40 WIB

Brilio.net - Seperti halnya proses kehidupan, tidak ada yang dapat menghindar dari penuaan seiring berjalannya waktu. Meskipun perubahan yang terjadi selama proses penuaan dapat berbeda dari satu orang ke orang lainnya, penuaan jelas akan membuat terjadinya penurunan pada setiap fungsi dan bentuk tubuh. Pada bagian rambut, penuaan ini ditandai dengan kemunculan rambut putih yang disebut uban.

Uban sendiri merupakan sebutan bagi rambut yang kehilangan pigmen warna melanin di folikelnya sehingga terlihat menjadi putih keabu-abuan. Secara umum, hal ini terjadi akibat penurunan kemampuan rambut dalam memproduksi sel melanin yang membentuk pigmen warna seiring bertambahnya umur. Walau begitu, faktor-faktor seperti stres, kekurangan nutrisi, hingga kebiasan merokok pun nyatanya ditemukan dapat mempercepat proses kemunculan uban di rambut seseorang.

Nah, bagi kamu yang ingin rambutnya minim uban walau sudah akan menginjak usia senja, nggak usah khawatir. Kamu bisa mendapatkan hal ini hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami saja kok. Salah satu trikya adalah dengan memanfaatkan campuran jahe, bawang merah, dan minyak jarak =, sebagaimana diperagakan oleh @rupalichouhan_19 yang dilansir briliobeauty.net pada Rabu (8/11).

foto: freepik.com

Jahe mengandung senyawa seperti gingerol yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan rambut. Senyawa ini bukan hanya berkhasiat sebagai antioksidan yang baik, tetapi juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dan nutrisi lainnya ke folikel rambut. Hal ini membuat jahe bisa merangsang percepatan pertumbuhan rambut baru dan menghambat munculnya uban.

foto: freepik.com

Bawang merah memiliki enzim katalase di dalamnya untuk melawan penumpukan hidrogen peroksida di folikel rambut, yang seringkali menjadi penyebab uban. Selain itu, senyawa alami seperti quercetin dan sulfur di dalam bawang merah mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga akan merangsang produksi melanin, dan dengan demikian, melawan pembentukan uban.

foto: freepik.com

Minyak jarak mengandung asam lemak omega-9 dan omega-6 yang memberikan nutrisi penting bagi folikel rambut. Selain itu, senyawa seperti ricinoleic acid di dalamnya membuat minyak jarak efektif menguatkan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru, sehingga menjaga rambut tetap sehat serta menghindari kemunculan uban dengan cepat.

Ketiga bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Ruas jahe
2. 1 Buah bawang merah
3. 1 Sendok makan minyak jarak
4. Wadah kecil
5. Botol spray kosong
6. Alat parut

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@rupalichouhan_19

1. Kupaslah 1 ruas jahe, lalu parutlah jahe tersebut hingga halus.
2. Peraslah jahe tersebut hingga mendapatkan ekstraknya, masukkan dalam wadah kecil.
3. Sama seperti jahe tadi, potong kecil bawang merah dan peras ekstraknya dalam wadah lain.
4. Gabungkan kedua ekstrak jahe dan bawang merah tersebut dalam wadah baru.
5. Campurkan dengan sekitar 1 sendok makan minyak jarak setelahnya.
6. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata, lalu pindahkan dalam botol spray kosong.
7. Untuk menggunakannya, semprotkan larutan tersebut secara merata di area akar rambut atau pangkal kepala
8. Pijat lembut beberapa saat, lalu diamkan selama 1 jam sebelum dibilas dengan sampo hingga bersih.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rupali Chouhan (@rupalichouhan_19)