Tanpa dicampur jahe, YouTuber ini bagikan cara cegah rambut beruban pakai 1 jenis tanaman

14 / 05 / 2024 04:27 WIB

Brilio.net - Salah satu tanda penuaan yang paling umum adalah munculnya rambut beruban. Walau bisa terjadi pada usia yang berbeda-beda, perubahan warna rambut ini sering menjadi pertanda bahwa proses penuaan sedang berlangsung. Namun, apa sebenarnya yang terjadi di balik perubahan warna rambut ini?

Saat seseorang menua, melanosit di folikel rambut mengalami penurunan dalam produksi melanin. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada rambut. Dengan produksi melanin yang berkurang, rambut mulai kehilangan warnanya dan menjadi abu-abu atau putih.

Kondisi di atas dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari genetika. Faktor genetika memainkan peran penting dalam penentuan, kapan dan seberapa cepat seseorang mulai mendapatkan rambut beruban.

Faktor berikutnya adalah stres berlebih juga dikaitkan dengan peningkatan resiko rambut beruban. Meskipun mekanismenya tidak sepenuhnya dipahami, tekanan dan stres yang berlebihan dapat memengaruhi pigmentasi rambut.

Kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, asam folat, dan tembaga, juga dapat mempengaruhi pigmentasi rambut dan menyebabkan rambut beruban. Maka dari itu, memenuhi asupan nutrisi sedari muda bisa mencegah rambut beruban. Untuk memenuhi asupan nutrisi, kamu bisa melakukan perawatan rambut dengan mengaplikasikan hair spray.

Nah hairspray ini dibuat dengan bahan alami, seperti yang ditunjukkan oleh YouTuber @Kochenrezepte. Lewat unggahan itu ia memanfaatkan lidah buaya, daun salam, dan minyak kelapa. Dalam hairspray ini tidak menggunakan campuran jahe, lantaran kandungan jahe berupa antioksidan ini bisa kamu temukan di daun salam.

Secara umum daun salam mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan meredakan peradangan di kulit kepala. Kandungan antioksidan juga dipercaya membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan folikel rambut, serta mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan rambut beruban.

Daun salam memiliki sifat yang merangsang pertumbuhan rambut baru. Dengan mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat, daun salam dapat membantu mencegah atau mengurangi kemungkinan rambut beruban.

Nutrisi dalam lidah buaya bantu cegah rambut beruban.

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang kuat dan membantu menjaga kulit kepala tetap sehat. Kulit kepala yang sehat mendukung pertumbuhan rambut yang baik dan mencegah masalah kulit, yang dapat mempengaruhi pigmentasi rambut. Kandungan nutrisi dalam lidah buaya, termasuk vitamin, mineral, dan enzim, dapat membantu memperbaiki kerusakan pada folikel rambut, sehingga mencegah atau mengurangi kemungkinan pertumbuhan rambut beruban.

Lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi dan membantu menjaga kelembapan kulit kepala. Kulit kepala yang sehat dan terhidrasi dapat mendukung pertumbuhan rambut yang kuat dan mencegah rambut beruban.

Rambut bebas uban dan lembap dengan minyak kelapa.

Minyak kelapa adalah pelembap alami yang baik untuk kulit kepala. Penggunaan rutin minyak kelapa dapat membantu menjaga kelembapan kulit kepala, yang penting untuk kesehatan kulit dan pertumbuhan rambut yang baik. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat meredakan peradangan di kulit kepala. Ini membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan rambut beruban.

Dengan menggunakan hair spray dari bahan tersebut dipercaya bisa cegah rambut beruban. Lantas bagaimana cara membuat hairspray dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak tutorial di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTuber @Kochenrezepte, Senin (13/5).

Bahan:

foto: YouTube/@Kochenrezepte

- 1 buah lidah buaya
- 3 lembar daun salam
- 1 gelas air putih
- 1 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat:

foto: YouTube/@Kochenrezepte

1. Bersihkan lidah buaya dan potong dengan ukuran kecil.
2. Potong daun salam dengan ukuran kecil.
3. Masukkan semua bahan ke dalam panci.
4. Tuangkan air putih.
5. Rebus semua bahan hingga mendidih.
6. Tuangkan ke dalam mangkuk baru, sembari disaring.
7. Tambahkan minyak kelapa dan aduk hingga larut.
8. Masukkan ke dalam spray dan tutup rapat.
9. Hair spray siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@Kochenrezepte

1. Semprotkan hairspray ke seluruh rambut.
2. Tunggu selama satu jam.
3. Bilas rambut menggunakan air biasa dan sampo.
4. Gunakan hair spray ini selama tiga hari secara berturut-turut dalam seminggu agar hasilnya