Tanpa gunakan produk penguat akar, ini trik atasi rambut rontok berlebih pakai masker dari 1 protein

25 Desember 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Sebagai seorang perempuan, memiliki rambut lebat, halus, dan berkilau merupakan sebuah impian. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki keindahan rambut, seperti yang diinginkan. Sejumlah masalah, seperti akar rambut yang kurang kuat dan mudah rontok menjadi momok bagi sejumlah orang. Pasalnya kondisi ini dapat mengganggu penampilan sehari-hari, lantaran rambut rontok meninggalkan helaian pada permukaan baju.

Ada beberapa faktor penyebab rambut rontok, yakni adanya perubahan hormon yang terjadi ketika masa kehamilan, dan menopause yang membuat rambut menjadi rontok. Kondisi medis yang berkaitan dengan alopecia areata, lupus, hipotiroidisme, dan masalah kesehatan lainnya juga dapat menyebabkan rambut rontok. Faktor lainnya adalah stres yang tidak terkontrol, kekurangan nutrisi, dan penggunaan produk yang tidak cocok.

Kondisi tersebut mungkin membuat sejumlah orang tidak nyaman. Tak heran jika banyak yang ingin mengatasi masalah rambut rontok berlebih. Ada beberapa cara yang bisa kamu atasi, pertama yaitu memperbaiki pola makan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti protein, zat besi, vitamin, dan mineral. Selain itu, kamu harus mengelola stres dengan cara bermeditasi, yoga, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Jika beberapa hal tersebut sudah kamu lakukan, kamu bisa mengimbanginya dengan perawatan rambut secara rutin. Salah satunya adalah menggunakan masker rambut yang terbuat dari bahan alami yaitu telur, bubuk kopi, dan gel lidah buaya.

Telur mengandung protein yang tinggi, terutama protein keratin, yang merupakan bahan utama dari struktur rambut. Nah, protein dalam telur membantu memperkuat folikel rambut dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal. Sedangkan, kandungan nutrisi dalam telur, seperti vitamin A, D, E, dan biotin, dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Bahan lainnya yaitu bubuk kopi hitam memiliki kandungan kafein di dalamnya. Kandungan ini mampu merangsang folikel rambut dan mempromosikan pertumbuhan rambut baru. Sementara itu, pijatan dengan menggunakan scrub kopi dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang dapat mendukung kesehatan folikel rambut.

Lalu gel lidah buaya memiliki sifat pelembap yang membantu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala. Selain itu, sifat antiinflamasi nya juga dapat membantu mengurangi peradangan di kulit kepala. Adanya, nutrisi dalam lidah buaya, seperti vitamin, mineral, dan asam amino dapat membantu memperbaiki kerusakan pada rambut.

Itulah manfaat dari beberapa bahan yang perlu kamu ketahui. Lantas bagaimana cara membuat masker rambut dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net himpun dari kanal YouTube healthykitchenwithnoshi, Senin (25/12).

Bahan-bahan:

atasi rambut rontok
YouTube/healthykitchenwithnoshi

1. 1 butir telur
2. 1 sendok makan bubuk kopi
3. 2 sendok makan gel lidah buaya.

Cara membuat:

atasi rambut rontok
YouTube/healthykitchenwithnoshi

1. Masukkan butir telur ke dalam blender
2. Campurkan bubuk kopi
3. Tuangkan gel lidah buaya
4. Haluskan semua dan masker rambut siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

atasi rambut rontok
YouTube/healthykitchenwithnoshi

1. Oleskan masker rambut tersebut secara merata hingga ke akar
2. Biarkan kurang lebih selama 30 menit
3. Pijat-pijat beberapa menit
4. Bilas menggunakan sampo dan air biasa
5. Keringkan rambut
6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan trik ini secara rutin.

(brl/ola)