Tanpa gunakan semir, YouTuber ini tunjukkan cara tutupi rambut beruban pakai 1 bubuk minuman

13 / 05 / 2024 09:00 WIB

Brilio.net - Uban merupakan kondisi di mana rambut seseorang kehilangan pigmen melanin, sehingga menyebabkan perubahan warna dari hitam menjadi abu-abu atau putih. Meskipun uban identik dengan terjadinya proses penuaan, namun terjadinya perubahan warna ini juga bisa dialami oleh mereka yang masih berumur muda.

Kondisi uban yang tumbuh lebih cepat sebelum waktunya juga dikenal dengan istilah uban prematur. Salah satu penyebab tumbuhnya uban prematur bisa berasal dari genetik atau keturunan. Selain itu, stres berat juga bisa memengaruhi munculnya uban. Kondisi tubuh yang mengalami stres bisa memengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan penurunan produksi melanin.

Secara langsung, kondisi tersebut bisa membuat rambut kamu beruban. Tak hanya itu, kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, vitamin D, dan mineral pada kulit kepala juga bisa bikin uban cepat muncul. Memberikan tampilan rambut putih yang kurang enak dilihat, banyak orang yang menutupi uban dengan mengaplikasikan produk semir.

Meski praktis dan cepat, namun menggunakan produk semir rambut justru memicu masalah rambut lainnya, seperti kering dan mudah rontok. Apalagi jika produk semir digunakan secara berlebihan dan terlalu sering. Sebagai solusinya, kamu bisa menutupi uban dengan ramuan alami seperti yang diperlihatkan YouTuber kecantikan yaitu @beautycook.

Dalam video unggahannya, beauty vlogger tersebut memanfaatkan biji fenugreek, flax seeds, bubuk kopi, dan henna untuk mengatasi kemunculan uban. Biji fenugreek mengandung protein, lemak, dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Selain itu, biji fenugreek juga kaya akan protein dan lemak sehat yang membantu memperkuat rambut dan menjaga kelembapannya.

Kandungan protein dan zat besi dalam biji fenugreek dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru di area yang mengalami uban. Biji fenugreek juga dapat memberikan sedikit warna kuning keemasan pada rambut dan membantu menutupi uban secara alami.

Rambut sehat dengan biji rami

Biji rami atau flax seeds mengandung asam lemak omega-3, serat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut. Kandungan omega-3 dan antioksidan dalam biji rami membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Sedangkan asam lemak omega-3 dalam biji rami dapat membantu mengurangi kerontokan rambut yang dapat mengurangi uban. Gel yang terbentuk saat biji rami direndam dalam air dapat memberikan efek pelapis pada rambut, membantu menutupi uban, dan memberikan kilau alami.

Warna alami dari bubuk kopi dan henna

Bubuk kopi mengandung zat warna alami yang dapat memberikan warna gelap pada rambut. Dilansir dari swirlster.ndtv.com, bubuk minuman satu ini dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk rambut, memberikan warna cokelat gelap atau hitam yang membantu menutupi uban. Selain memberikan warna, bubuk kopi juga dapat memberikan kilau alami pada rambut, membuatnya terlihat lebih sehat dan berkilau.

Sementara itu, henna adalah pewarna alami yang telah digunakan secara tradisional untuk mewarnai rambut. Henna memberikan warna merah kecokelatan pada rambut, membantu menutupi uban dengan warna yang lebih alami. Henna juga diketahui dapat memperkuat rambut dan mengurangi kerontokan, sehingga membantu mengurangi uban.

Lantas bagaimana cara membuat ramuan untuk tutupi rambut beruban? Bagi kamu yang ingin menggunakan, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @beautycook, Senin (13/5).

Bahan:

foto: YouTube/@beautycook

- 1 sendok makan biji fenugreek
- 1 sendok makan flaxseeds
- 1 sendok makan bubuk kopi
- 1 cup air bersih
- Bubuk henna

Cara membuat:

foto: YouTube/@beautycook

1. Siapkan wajan bersih
2. Masukkan biji fenugreek, flax seed, dan bubuk kopi
3. Tuangkan air putih dan rebus hingga mendidih
4. Pada wadah yang berbeda, masukkan bubuk henna
5. Tuangkan air rebusan ke dalam gelas, sembari disaring
7. Campurkan dengan bubuk henna
8. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
9. Diamkan selama satu malam
10. Ramuan siap untuk kamu aplikasikan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@beautycook

1. Aplikasikan ramuan secara merata pada rambut beruban
2. Tunggu selama 1 satu jam
3. Bilas rambut dengan menggunakan air biasa
4. Gunakan secara rutin hingga satu minggu, rambut beruban tertutup sempurna.