Tanpa habbatussauda, ini trik agar uban rambut berkurang dan lambat tumbuh pakai 1 jenis biji-bijian

10 / 11 / 2023 18:25 WIB

Brilio.net - Penuaan merupakan bagian dari siklus kehidupan yang akan dialami setiap orang. Penuaan pada dasarnya melibatkan berkurangnya efektivitas organ kulit dalam mendukung kinerja tubuh, sehingga mempengaruhi bentuk dan tekstur dari organ tersebut. Penuaan ini muncul dengan ditandai kulit yang keriput, serta munculnya uban.

Uban merupakan sebutan bagi rambut yang warnanya berubah akibat menurunnya aktivitas sel melanosit dalam memproduksi pigmen pewarna melanin, sehingga menyebabkan perubahan warna menjadi abu-abu atau putih. Uban biasanya muncul ketika seseorang memasuki usia pertengahan hingga lanjut, yakni usia 30-40 tahun.

Namun, ada kasus di mana uban dapat muncul lebih awal atau bahkan lebih lambat, tergantung pada faktor individu. Proses munculnya uban pada rambut sendiri pun dapat berbeda-beda bagi setiap individu. Orang yang sering mengalami stres akan lebih cepat mengalami tumbuhnya uban karena hormon stres seperti kortisol merusak pigmen rambut.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan mempercepat munculnya uban karena komponen nikotin di dalamnya mengandung senyawa kimia yang dapat merusak sel-sel melanosit. Tahu nggak sih kalau kamu sebenarnya bisa memperlambat dan memudarkan tumbuhnya uban hanya dengan bahan alami?

Salah satunya dengan memanfaatkan khasiat dari biji rami (flaxseed), sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @rimshahzeeshan di Instagram pada Jumat (10/11). Biji rami (flaxseeds) memiliki banyak kandungan nutrisi penting, seperti asam lemak omega-3, lignan, dan mineral.

foto: freepik.com

Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan merangsang regenerasi rambut yang beruban. Di sisi lain, lignan berperan sebagai antioksidan alami yang dapat melindungi sel melanosit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dalam prosesnya akan menjaga pigmen rambut dan mengurangi munculnya uban.

Kamu bisa memanfaatkan bahan di atas dengan mengikuti petunjuk berikut ini.

Alat dan bahan:

1. Biji flaxseed secukupnya
2. 1 gelas air bersih
3. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@rimshahzeeshan

1. Tuangkan 1 gelas air bersih dalam sebuah panci di atas kompor
2. Masukkan sejumlah biji flaxseed setelahnya
3. Rebuslah biji flaxseed tersebut hingga larutannya berubah warna dan sedikit mengental
4. Setelahnya, saring dan biarkan larutan flaxseed tadi hingga menjadi dingin
5. Oleskan racikan ini dari pangkal hingga ujung rambut secara merata sembari dipijat lembut
6. Diamkan selama 1 jam sebelum dibilas dengan sampo hingga bersih
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rimsha Zeeshan (@rimshahzeeshan)