Tanpa hair tonic, pria ini bagikan cara atasi kebotakan agar kembali tumbuh lebat pakai 1 jenis daun

31 / 05 / 2024 21:10 WIB

Brilio.net - Punya rambut sehat dan indah pastinya dambaan bagi semua orang, baik wanita dan pria. Walaupun rambut tebal dan halus menjadi standar rambut sehat, masih banyak orang yang impiannya belum tercapai. Sebagian besar orang masih mengalami masalah rambut, terutama di bagian kulit kepala, seperti halnya kebotakan rambut.

Perlu kamu ketahui, kebotakan rambut ini bermula dari kerontokan yang tak teratasi dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama yaitu faktor keturunan atau genetik, yang bisa menyebabkan kebotakan androgenik alopecia dengan pola kebotakan yang khas. Kebotakan dengan jenis ini biasanya ditandai dengan penipisan rambut dan garis batas rambut di dahi. Kebotakan yang terjadi karena faktor genetik bisa terjadi mulai memasuki fase remaja.

Selain itu, adanya perubahan hormon juga bisa menyebabkan kebotakan. Kondisi ini biasanya terjadi pada fase melahirkan, menopause, PCOS, dan gangguan tiroid. Nah, kebotakan yang disebabkan perubahan hormon ini biasanya terjadi sementara waktu. Faktor lainnya berasal dari perawatan rambut yang tidak cocok. Contohnya yaitu terlalu sering mengepang rambut, menyemir, dan menggunakan alat styling terlalu sering.

Nah, untuk menumbuhkan rambut agar tumbuh sehat kembali, banyak orang yang mengandalkan hair tonic. Produk hair care ini diklaim bisa mengatasi kebotakan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan biotin dan vitamin di dalam hair tonic.

Kamu juga bisa mengganti hair tonic dnengan ramuan rosemary, lho. Pasalnya beberapa kandungan rosemary ini seperti halnya produk hair tonic yang bisa atasi rambut rontok. Hal ini juga ditunjukkan oleh pria bernama Jonathan dalam Instagram-nya.

Melansir dari healthline.com, Jumat (31/5), rosemary ini punya sejumlah kandungan yaitu antiinflamasi. Kandungan antiinflamasi diklaim bisa mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Tidak hanya itu, rontok diklaim bisa meningkatkan sirkulasi darah pada permukaan kulit rambut. Efek positifnya bagi rambut yaitu bisa mencegah folikel rambut kekurangan suplai darah.

Itulah manfaat dari rosemary yang bisa kamu dapatkan. Untuk cara membuat ramuan rosemary untuk atasi kebotakan, berikut briliobeauty.net rangkum dari Instagram reels @jonathankmonroe, sebagai berikut:

Bahan:

foto: Instagram/@jonathankmonroe

- 5 lembar daun rosemary
- Air putih.

Cara membuat:

foto: Instagram/@jonathankmonroe

1. Siapkan panci bersih.
2. Tuangkan air kurang lebih dua gelas kecil.
3. Masukkan rosemary ke dalam pancir.
4. Rebus semua bahan hingga mendidih.
5. Tunggu hingga dingin.
6. Tuangkan ke dalam cetakan silikon pijat kepala.
7. Taburkan potongan rosemary.
8. Dingin pada freezer hingga beku.
9. Keluarkan rebusan rosemary yang sudah beku.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@jonathankmonroe

1. Urai rambut dalam kondisi setengah basah.
2. Gunakan rosemary beku untuk memijat kulit kepala dan menyisir rambut.
3. Aplikasikan secara merata pada seluruh rambut.
4. Tunggu 15 hingga 20 menit.
5. Bilas rambut menggunakan air biasa dan sampo.
6. Keringkan dengan hair dryer.
7. Aplikasikan pelembap agar tak kering.
8. Gunakan trik ini secara rutin agar rambut botak tumbuh lebat.

Cara menata rambut agar terhindar dari kebotakan.

Mengatasi kebotakan tidak hanya diperhatikan dari perawatan harian yang digunakan. Kamu harus memperhatikan cara menata rambut agar tidak memicu kebotakan atau kerontokan. Ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan saat menata rambut, seperti berikut:

1. Hindari mengikat rambut terlalu kencang.
2. Gosok kulit kepala secara lembut saat keramas.
3. Hindari menata rambut menggunakan catokan atau alat styling semacamnya.
4. Tak lupa lindungi rambut dengan menggunakan topi saat berpergian.
5. Gunakan hair protection saat menggunakan alat styling agar rambut tak rusak.
6. Hindari diet ketat, hal ini mengacu pada asupan nustrisi yang dibutuhkan rambut yang tidak terpenuhi dengan baik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jonathan Monroe (@jonathankmonroe)