Tanpa kopi dan lidah buaya, ini trik atasi uban sekaligus suburkan rambut pakai 1 jenis bumbu dapur

1 November 2023 10:10 WIB

Brilio.net - Uban dan rambut rusak dengan ditandai kerontokan parah merupakan masalah umum yang cukup meresahkan. Bukan hanya menurunkan rasa percaya diri, kondisi ini juga dapat membuat penderitanya bingung bagaimana cara mengatasinya. Uban sendiri merupakan kondisi ketika rambut mulai tumbuh memutih akibat proses penuaan.

Pada proses ini, produksi melanin dari folikel rambut akan menurun seiring bertambahnya usia. Selain faktor usia, uban juga bisa tumbuh karena faktor lain, seperti genetik, hormon, stres, merokok, hingga gaya hidup yang kurang sehat. Beberapa faktor tersebut juga menjadi penyebab rambut rusak dan sulit tumbuh.

Bukan tanpa alasan, pasalnya folikel rambut dan kulit kepala menjadi kurang sehat. Sehingga peredaran darah di kulit kepala tidak lancar. Bahkan rambut akan kekurangan nutrisi dan menjadi lebih rapuh. Kondisi ini diperparah dengan kebiasaan buruk yang merusak rambut, seperti terlalu sering styling dengan produk-produk kimia dan styling tools.

Jika kamu salah satu yang mengalaminya, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasi masalah rambut tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tanpa kopi dan lidah buaya, karena pemilik akun TikTok @nimeshaaa pada 8 April 2021, justru hanya menggunakan 1 jenis bumbu dapur. Bumbu dapur yang dimaksud adalah bawang merah. Kamu juga bisa menambahkan essential oil yang kamu punya (opsional).

"How to make onion hair mask (Cara membuat masker rambut bawang merah)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @nimeshaaa, Rabu (1/11).

foto: freepik.com

Sebagai bumbu dapur, bawang merah memang memiliki berbagai manfaat untuk rambut. Salah satunya adalah menghitamkan rambut uban dan mencegahnya tumbuh kembali. Bawang merah diyakini ampuh melindungi rambut dari uban prematur. Dikarenakan bumbu dapur ini kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas diketahui jadi salah satu penyebab munculnya uban prematur.

Selain itu, berbagai nutrisi yang dimiliki bawang merah diyakini dapat menyehatkan folikel rambut sehingga meningkatkan kesuburan dan kekuatan rambut. Seperti merangsang pertumbuhan rambut. Khasiat ini muncul berkat kandungan sulfur pada bawang merah.

Sulfur sendiri adalah salah satu zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein. Sulfur ditemukan dalam asam amino, komponen dalam protein. Protein, terutama keratin, dikenal kaya akan kandungan sulfur yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini lah yang akan membantu menumbuhkan rambut rusak dan susah tumbuh jadi lebih lebat.

foto: TikTok/@nimeshaaa

Dengan bumbu dapur tersebut kamu dapat membuat hair spray yang efektif mengurangi tumbuhnya uban dan menyuburkan rambut. Pemakaian yang rutin akan membuat rambutmu lebih lebat dan hitam berkilau. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 siung bawang merah besar
2. Air secukupnya
3. Essential oil (opsional)

foto: TikTok/@nimeshaaa

Cara membuat:

1. Kupas bawang merah lalu cuci sampai bersih
2. Iris-iris menjadi bagian yang lebih kecil
3. Masukkan kedalam blender dan tambahkan sedikit air serta essential oil (opsional)
4. Blender bahan tersebut hingga benar-benar halus
5. Saring dan ambil airnya saja
6. Tuangkan air hasil perasan kedalam botol spray
7. Semprotkan hair spray buatanmu pada bagian akar rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
8. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap
9. Diamkan selama 30-60 menit atau semalaman
10. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner
11. Gunakan hair spray ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang hitam bebas uban dan lebat alami.

(brl/wen)