Tanpa pakai daun kari, ini cara tutup rambut beruban agar hitam kembali pakai 1 bahan minuman

18 / 05 / 2024 09:00 WIB

Brilio.net - Munculnya uban memang sering dianggap masalah yang mengganggu penampilan bagi sejumlah orang. Apalagi kalau uban sudah mulai banyak terlihat, kondisi ini bisa menurunkan rasa percaya diri. Terlebih saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, rambut putih juga bisa membuat orang risau jika muncul di usia muda.

Memang uban tak hanya terjadi saat usia semakin bertambah, beberapa faktor tertentu membuat uban cepat muncul. Salah satunya adalah stres berlebih yang disebabkan oleh radikal bebas. Polusi lingkungan juga dapat mempercepat proses munculnya uban.

Selain faktor stres, genetik juga memainkan peran besar dalam menentukan kapan seseorang mulai mendapatkan uban. Jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiliki sejarah uban prematur, kemungkinan kamu juga akan mengalami hal yang sama.

Munculnya uban juga disebabkan karena kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, asam folat, dan tembaga. Untuk memenuhi kembali nutrisi tersebut, kamu bisa mendapatkannya dari bahan-bahan alami yang diolah jadi semir rambut.

Cara di atas seperti dilakukan YouTuber dengan nama akun @samyukthadiares. Lewat unggahan video, ia memanfaatkan satu bahan minuman yaitu kopi yang dicampur dengan bubuk cokelat. Kedua bahan alami ini punya manfaat masing-masing bagi kesehatan rambut, seperti menutupi uban.

Melansir dari healthline.com, Jumat (17/5) bubuk kopi hitam mengandung antioksidan kuat, seperti asam klorogenat yang bisa melawan radikal bebas dan stres oksidatif. Kemampuan ini dapat melindungi melanosit dan memperlambat penurunan produksi melanin yang dapat mencegah munculnya uban.

Kandungan kafein dalam kopi hitam juga dapat meningkatkan peredaran darah ke kulit kepala dan melancarkan pasokan nutrisi ke folikel rambut. Kafein akan menjaga kesehatan rambut dan mencegah penuaan dini pada rambut.

Bubuk kopi hitam memiliki tekstur kasar yang digunakan sebagai scrub alami untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Oleh karena itu, kopi bisa mempromosikan pertumbuhan rambut yang sehat dan mengurangi risiko uban.

Seperti bubuk kopi hitam, bubuk cokelat juga kaya antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan katekin, yang melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Semua kandungan tersebut dapat melindungi melanosit dan menjaga produksi melanin untuk mencegah uban.

Selain itu, bubuk cokelat kaya akan antioksidan seperti flavonoid, polifenol, dan katekin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada sel-sel rambut, termasuk melanosit (sel yang memproduksi melanin). Di sisi lain, adanya kandungan minyak alami dalam bubuk cokelat dapat melembapkan dan menutrisi kulit kepala. Kelembapan yang cukup dapat menjaga kesehatan folikel rambut dan mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan rambut beruban.

Kandungan polifenol pada cokelat bantu tingkatkan pertumbuhan rambut.

Seperti disebutkan di atas, cokelat punya kandungan polifenol. Kandungan tersebut bantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Aliran darah yang baik memastikan folikel rambut mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup, yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Ini juga membantu dalam menjaga kesehatan kulit kepala, mengurangi resiko rambut rontok, dan memperbaiki kondisi rambut secara keseluruhan.

Itulah manfaat dari sejumlah bahan yang bisa kamu gunakan untuk hilangkan rambut beruban. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @samyukthadiares, Jumat (17/5).

Bahan:

foto: YouTube/@samyukthadiares

- Kondisioner
- bubuk kopi
- bubuk cokelat
- 1 gelas kopi hitam yang sudah diseduh

Cara membuat:

foto: YouTube/@samyukthadiares

1. Masukkan kondisioner ke dalam mangkuk.
2. Tambahkan bubuk kopi.
3. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
4. Taburkan bubuk cokelat.
5. Tuangkan kopi hitam yang sudah diseduh.
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
7. Semir buatan siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@samyukthadiares

1. Pastikan rambut dalam keadaan kering.
2. Oleskan semir alami pada rambut.
3. Pasang shower cap.
4. Tunggu selama satu jam.
5. Bilas rambut menggunakan air dan sampo.
6. Ulangi penggunaan semir ini selama dua hari agar uban tertutupi sempurna.