Tanpa pakai santan, pria ini bagikan cara atasi kerontokan berlebih dengan hair oil dari 2 bumbu dapur

11 / 06 / 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Masalah rambut rontok memang sering dialami oleh pria dengan rentan usia di atas 30 tahunan. Walaupun begitu, kerontokan juga bisa terjadi pada pria yang usianya lebih muda. Nah, biasanya kerontokan rambut pada pria dikenal dengan istilah androgenetic.

Androgenetic alopecia merupakan kebotakan yang membentuk pola pada kulit kepala. Biasanya hal ini terjadi pada area pelipis dan area belakang kepala. Penyebabnya yang paling sering terjadi adalah faktor genetik. Jika salah satu keluarga punya riwayat penipisan rambut, kemungkinan besar kamu juga mengalami hal yang sama.

Selain faktor genetik, hal lain seperti penurunan hormon testosteron juga bisa menyebabkan kerontokan berlebih. Pasalnya hormon testosteron pada pria punya fungsi penting yaitu mengembangkan organ tubuh tertentu pada pria, salah satunya adalah rambut. Nah, jika testosteron berkurang dampaknya adalah rambut pada area kepala semakin menipis.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa mengatasi kerontokan berlebih menggunakan hair oil yang terbuat dari bahan alami. Cara inilah yang dibagikan oleh pria dengan akun Instagram @lifewithbose. Lewat unggahan reels, pria tersebut tampak memanfaatkan bahan-bahan dapur seperti bawang merah, bawang putih, dan jahe.

Dalam resep hair oil yang dibuat juga tak memanfaatkan santan, melainkan minyak kelapa. Nah, penasaran dengan cara membuat dan menggunakannya? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @lifewithbose, Selasa (11/6).

Bahan:

foto: Instagram/@lifewithbose


- 4 sendok makan minyak kelapa
- 3 siung potongan bawang merah
- 1 buah jahe
- 3 siung potongan bawang putih.

Cara membuat:

foto: Instagram/@lifewithbose



1. Siapkan panci dan letakkan di atas kompor
2. Tuangkan minyak kelapa
3. Tambahkan dengan potongan bawang merah dan bawang putih
4. Campurkan potongan jahe
5. Rebus semua bahan hingga matang
6. Angkat dan dinginkan
7. Tuangkan pada wadah kecil dan tutup rapat.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@lifewithbose


1. Sisir rambut terlebih dahulu
2. Oleskan hair oil pada seluruh rambut hingga merata
3. Pijat-pijat beberapa saat
4. Bilas menggunakan sampo dan air biasa
5. Gunakan trik ini secara rutin agar rambut tumbuh lebat dan sehat.



Manfaat bawang putih, bawang merah, dan minyak kelapa untuk atasi kerontokan



Bawang merah, bawang putih, dan minyak kelapa tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan saja. Melainkan punya manfaat lain bagi kesehatan rambut, seperti mengetasi kerontokkan berlebih. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan yang ada di dalam bahan-bahan tersebut. Nah berikut ini penjelasan mengenai manfaat dari masing-masing bahan:

1. Bawang merah.

Bawang merah punya sifat antiinflamasi dan antimikroba yang diklaim bisa menumbuhkan rambut rontok. Melansir dari Healthline, Selasa (11/6) adanya sifat antioksidan dalam bawang merah dipercaya mengurangi hidrogen peroksida pada akar rambut. Hal inilah yang membuat rambut tak cepat mengalami penuaan. Sementara itu, adanya kandungan flavonoid pada bawang merah diklaim bisa membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

2. Bawang putih.

Bahan berikutnya ada bawang putih yang diklaim bisa atasi kerontokan. Pasalnya bawang putih mengandung sifat antioksidan yang bisa mencegah kerusakan pada folikel rambut. Melansir dari UK Hair Consultants, adanya asam sulfat dalam bawang putih yang bersifat antimikroba dan antijamur dipercaya mencegah kulit kepala terkelupas dan gatal.

3. Minyak kelapa.

Minyak kelapa pastinya sudah tidak asing lagi saat digunakan sebagai perawatan rambut. Hal ini dikarenakan minyak kelapa punya kandungan pelembap alami yang bisa bikin rambut jadi halus, tak rontok, dan bebas kering. Melansir dari Very Well Health, adanya kandungan antifungal pada minyak kelapa mampu menghilangkan ketombe dan memperbaiki kerusakan rambut.

 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rohit Bose (@lifewithbose)